The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengintip Denwalsus Bentukan Prabowo, Fisik Nyaris Sempurna, Dididik Keras Kopassus
Menhan Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)
News

Mengintip Denwalsus Bentukan Prabowo, Fisik Nyaris Sempurna, Dididik Keras Kopassus

Senin, 12 April 2021 10:20 WIB 12 April 2021, 10:20 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membentuk satuan khusus yang dinamakan Datasemen Pengawal Khusus atau Denwalsus.

Denwalsus bertugas untuk mengawal Menhan Prabowo dan juga menyambut serta mengawal para tamu penting Kementerian Pertahanan.

Jubr Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Denwalsus bukanlah hal baru. Satuan ini sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasanya menyambut tamu militer negara lain.

"Sejak lama sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan RI," kata Dahnil,.

Hanya saja, Denwalsus yang dibentuk Prabowo telah mengalami penyaringan lebih ketat. Salah satu syaratnya adalah memiliki fisik yang nyaris sempurna.

"Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," kata Dahnil.

Namun, Dahnil tal merinci kriteria "nyaris sempurna" tersebut dan berapa banyak personel yang tergabung dalam Denwalsus.

Pembentukan Denwalsus mulai diketahui lewat unggahan akun Instagram ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah. Dalam video yang diunggahnya, terlihat pasukan yang memakai seragam loreng hijau dengan baret.

"Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara," kata Rizky.

Rizky mengungkap bahwa anggota Denwalsus dipilih langsung oleh Prabowo dan dilatih di Markas Pusdiklat Kopassus, Batu Jajar, Jawa Barat.

Denwalsus telah dibekali kemampuan pengawalan tingkat VVIP dan kemampuan lain yang enggan dijabarkan oleh Rizky.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US