Diminta Ridwan Kamil Tanggung Jawab Atas Kerumunan Habib Rizieq, Mahfud MD: Siap Kang

- Kamis, 17 Desember 2020 | 08:29 WIB
Mahfud MD. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) / Ridwan Kamil. (Instagram/@mohmahfudmd)
Mahfud MD. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) / Ridwan Kamil. (Instagram/@mohmahfudmd)

Ridwan Kamil baru-baru ini memberikan pernyataan mengejutkan. Gubernur Jawa Barat itu protes mengapa hanya dirinya dan Anies Baswedan saja yang diperiksa terkait kerumunan Habib Rizieq Shihab.

Menurut Ridwan Kamil, peristiwa yang terjadi di bandara seharusnya juga diperiksa agar mengalami perlakuan hukum yang sama. Ia beranggapan bahwa kekisruhan tersebut disebabkan oleh pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD.

Ridwan Kamil pun meminta agar Mahfud bertanggung jawab atas kerumunan yang terjadi.

"Dalam Islam, adil itu adalah menempatkan sesuatu sesuai tempatnya. Jadi beliau harus bertanggung jawab, tidak hanya kami kepala daerah yang dimintai klarifikasinya. Jadi semua punya peran, yang peran yang perlu diklarifikasi," kata Ridwan Kamil, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Balasan Mahfud MD Dituduh Ridwan Kamil Jadi Pemicu Kerumunan Rizieq: Di Mana Salahnya?

Menanggapi hal tersebut, melalui cuitannya, Mahfud MD mengatakan bahwa dirinya siap bertanggung jawab atas kerumunan tersebut.

"Siap, Kang RK. Sy bertanggungjawab. Sy yg umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia krn dia punya hak hukum utk pulang. Sy jg yg mengumumkan HRS blh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Sy jg yg minta HRS diantar sampai ke Petamburan," cuit Mahfud.

Mahfud kemudian menjelaskan bahwa mereka memang memberikan izin pengantaran Habib Rizieq Shihab dari bandara ke Petamburan.

Dia kemudian menjelaskan bahwa kerumunan-kerumunan yang terjadi setelahnya sudah di luar diskresi yang ia umumkan.

"Diskresi pemerintah diberikan utk penjemputan, pengamanan, dan pengantaran dari bandara sampai ke Petamburan. Itu sdh berjalan tertib sampai HRS benar2 tiba di Petamburan sore. Tp acr pd malam dan hari2 berikutnya yg menimbulkan ketumunan orang sdh di luar diskresi yg sy umumkan," lanjut Mahfud.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X