PDIP Ngotot Tolak Penundaan Pilkada 2020

- Senin, 21 September 2020 | 12:39 WIB
Petugas KPPS menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta, Rabu (22/7/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Petugas KPPS menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta, Rabu (22/7/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai Pilkada serentak 2020 harus tetap diselenggarakan pada tahun ini. Meskipun banyak pihak yang menentang, lantaran kasus Covid-19 di Tanah Air terus melonjak.

Namun menurut Hasto, di tengah pandemi Corona seperti ini, setiap pemimpin harus mendapat mandat dari rakyatnya agar menjalankan roda pemerintahan dengan legalitas yang sah.

"Penundaan pilkada di tengah pandemi akan menciptakan ketidakpastian baru. Mengingat kepala daerah akan berakhir pada Februari," ucap Hasto dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Ia pun menyebutkan kalau belum ada kepastian kapan berakhirnya pandemi Covid-19 beserta dampak yang mengikutinya. Karena itu, apabila Pilkada ditunda, maka kepala daerah harus diisi oleh pelaksana tugas atau Plt.

Sedangkan, Hasto menilai pada dalam masa kritis seperti sekarang ini, maka tidak boleh ada jabatan-jabatan politik yang diisi Plt. Kepala daerah harus memiliki legitimasi dan legalitas yang kuat dari masyarakat.

"Maka Pilkada yang dijalankan pada 9 Desember ini, justru memberikan kepastian agar adanya pemimpin yang kuat, adanya pemimpin-pemimpin yang punya program pencegahan Covid yang kemudian dipilih rakyat," ungkapnya.

Hasto menjelaskan bahwa calon pemimpin yang melewati tahapan Pilkada pasti menyerap aspirasi rakyat. Dengan kata lain, calon pemimpin itu digembleng dengan proses yang ketat dan diseleksi langsung oleh rakyat sebagai kuasa tertinggi dalam iklim demokrasi.

"Mereka calon pemimpin akan memahami betul seluruh skala prioritas untuk rakyat yang tengah menghadapi pandemi. Justru ketika pilkada itu tidak ditunda, itu akan memberikan arah kepastian bagi rakyat," tutup Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X