Cryptocurrency YFI Melonjak Hingga 330% dalam Hitungan Hari, Jadi Alternatif Investasi 

- Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:03 WIB
Harga aset kripto lebih tinggi dari bitcoin seharga 180 juta. (Freepik).
Harga aset kripto lebih tinggi dari bitcoin seharga 180 juta. (Freepik).

Harga aset kripto (Cryptocurrency) Yearn Finance (YFI) melambung 330% menjadi Rp210 juta dalam hitungan hari. Bahkan, harga YFI llpu kini lebih tinggi dibanding  bitcoin yang harganya sudah menembus Rp180 jutaan per 1 bitcoin
 
Di market INDODAX, platform bitcoin dan crypto exchange terbesar di Indonesia, YFI awalnya dijual Rp51 jutaan pada Minggu (6/8/2020), atau hari pertama dia melantai di bursa INDODAX Namun pada Jumat (21/8/2020) pagi, YFI berada pada level Rp210 juta. 
 
CEO INDODAX Oscar Darmawan menjelaskan, YFI mencatatkan reli secara terus menerus selama beberapa hari semenjak pertama kali listing di INDODAX. YFI menambah daftar cryptocurrency yang mencatatkan performa yang fantastis dalam beberapa hari. Sebelumnya, ada banyak cryptocurrency yang mencatatkan kenaikan yang hampir sama dalam periode yang singkat.

"YFI mencatatkan kinerja yang fantastis semenjak pertama kali listing di INDODAX. Bahkan, karena kenaikan yang fantastis itu membuat YFI lebih mahal dari bitcoin," kata Oscar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/8/2020).

Oscar mengungkapkan, kenaikan harga YFI dikarenakan sistem Decentralized Finance (DeFi) yang saat ini sedang ramai digunakan. YFI merupakan salah satu cryptocurrency yang bisa masuk di sistem DeFi. 
 
Menurut perhitungan terakhir pada 17 Agustus 2020, nilai total yang tersimpan di seluruh ekosistem DeFi melampaui USD6,4 miliar. Perluasan keseluruhan pasar DeFi telah menyebabkan nilai total yang tersimpan di YFI mencapai USD600 juta. 

"DeFi mendorong permintaan YFI hingga akhirnya meningkatkan harga YFI secara drastis dalam hitungan beberapa hari saja," tuturnya. 

DeFi sendiri memang saat ini sedang digandrungi, karena para investor meyakini bahwa DeFi merupakan bentuk sistem moneter masa depan. 
 
Salah satu yang bisa dilakukan dengan sistem DeFi adalah peminjaman atau pendanaan dengan menjadikan cryptocurrency sebagai jaminan atau agunan. Ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh crypto holder seperti penambang crypto dan pegiat kripto lainnya. Bahkan, juga banyak dimanfaatkan oleh investor dan industri keuangan. 

-
Ilustrasi DeFi yang melinatkan Bitcoin dan teknologi blockchain. (Freepik).

"Ini membuat permintaan aset kripto terus stabil karena orang-orang tidak menjual aset kriptonya. DeFi mencegah pengurangan permintaan terhadap cryptocurrency. Sehingga, permintaannya terjaga dan membuat harga tetap melanjutkan kenaikan," kata Oscar. 

DeFi menciptakan ekosistem baru di dunia blockchain dan cryptocurrency dan membuatnya semakin populer. DeFi membuktikan telah mampu meningkatkan harga cryptocurrency secara fantastis. Tidak hanya YFI, bitcoin dan ethereum juga meningkat dan mencatatkan rekor tertinggi semenjak tahun 2018. 

"Bitcoin kembali melambung mencapai Rp185 juta pada beberapa wakru lalu. Saat ini masih berada di level tertingginya di sekitar Rp180 juta. Salah satu faktornya juga karena DeFi. Selain itu, juga ada Ethereum dan lain-lain yang meningkat karena DeFi," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X