Pimpinan KKB Ditembak, Kapolda Ungkap Momen Baku Tembak Saat Hendak Tarik Pasukan

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 11:26 WIB
Pasukan kepolisian dan TNI saat memeriksa barang bukti penembakan dengan KKB di Papua. (Dok. Divisi Humas Polri).
Pasukan kepolisian dan TNI saat memeriksa barang bukti penembakan dengan KKB di Papua. (Dok. Divisi Humas Polri).

Pasca keberhasilan TNI-Polri menembak mati salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Hengki Wanmang (31), sempat terjadi momen menegangkan dan mencekam. Sebab, saat personel TNI-Polri tengah menarik pasukan dari markas KKB, sempat terjadi aksi penyerangan dengan senjata api oleh KKB terhadap tim gabungan.

"Saat tim melakukan penarikan pasukan dari markas KKB diketahui di Mile 69 PT. Freeport Indonesia, terjadi penembakan ke arah helipad," kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam keteranganya seperti yang diterima Indozone, Selasa (18/8/2020)

-
Barang bukti penembakan dengan KKB di Papua. (Dok. Divisi Humas Polri).

Irjen Paulus mengatakan kala itu tim TNI-Polri langsung terlibat kontak senjata dengan KKB. Dia menyebut ada tiga anggota KKB yang terkena tembakan TNI-Polri, namun identitasnya belum diketahui.

"Terkait kontak tembak di Mile 69 PT. FI, tim melihat tiga orang KKB terkena tembakan namun, belum bisa memastikan identitasnya," beber Paulus.

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua itu mengatakan pihaknya bersama TNI tidak segan-segan menindak tegas para anggota KKB. Bahkan, TNI-Polri disebutnya akan terus melakukan penindakan terhadap anggota KKB.

"Personil gabungan TNI-Polri akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua," tegas Paulus.

Seperti diketahui, pada 16 Agustus 2020 kemarin, tim gabungan TNI-Polri berhasil menembak salah satu pimpinan KKB atas nama Hengki Wanmang. Hengki bersama Joni Botak diketahui menggantikan peran Panglima Makodam III Kalikopi Theni Kwalik saat dia tewas.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X