Uang Rp75 Ribu Edisi Khusus Dilengkapi Pengaman Terbaru, Sulit Dipalsukan

- Senin, 17 Agustus 2020 | 13:00 WIB
Peluncuran mata uang baru edisi khusus HUT RI ke-75 pecahan Rp75 ribu. (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)
Peluncuran mata uang baru edisi khusus HUT RI ke-75 pecahan Rp75 ribu. (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)

Uang pecahan Rp75 ribu edisi khusus HUT RI ke-75 memiliki fitur keamanan yang sangat terbaru. Bank Indonesia mengklaim uang tersebut sangat sulit dipalsukan.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan ada sistem pengamanan terbaru dalam uang yang dicetak pihaknya saat ini. Salah satu fiturnya yaitu uang tersebut memiliki bahan baku kertas yang sangat bagus.

"Uang peringatan ini dilengkapi unsur pengaman teknologi terbaru dan bahan kertas yang lebih tahan lama," kata Perry dalam live Youtube Bank Indonesia, Senin (17/8/2020).

Uang terbaru itu disebut Perry sangat nyaman digunakan oleh masyarakat. Terlebih penting lagi dikatakannya uang tersebut sangat sulit dipalsukan.

"Inovasi ini bertujuan agar uang Indonesia lebih dikenali dengan ciri keaslianya, nyaman dan aman digunakan dan lebih sulit dipalsukan," ungkap Perry.

Bank Indonesia menyebut inovasi terkait pencetakan uang terus dikembangkan secara berkala oleh Bank Indonesia. Tentunya hal itu untuk menghindari adanya pemalsuan uang.

Seperti diketahui, pemerintah bersama BI meluncurkan uang edisi khusus dengan nominal Rp75 ribu di hari HUT RI ke-75. Uang itu hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Uang baru itu mulai hari ini sudah dikeluarkan dan sudah sah sebagai alat mata uang di Indonesia. Uang itu pun ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X