Pasca Viral Aksi Habib Assegaf vs Petugas, Polisi: Ada yang Memperkeruh

- Jumat, 22 Mei 2020 | 10:54 WIB
Pria mirip Habib Umar Assegaf. (Twitter/@Lady_Zeebo)
Pria mirip Habib Umar Assegaf. (Twitter/@Lady_Zeebo)

Polda Jawa Timur menyebut ada pihak-pihak yang mencoba memperkeruh suasana dengan memanfaatkan video viral Habib Umar Assegaf ketika melawan petugas saat ditegur terkait PSBB. Polda Jawa Timur menyebut pihaknya tengah meningkatkan patroli siber untuk mencari provokator yang memanfaatkan situasi tersebut.

"Ada satu hal yang jadi catatan kita setelah adanya viral tersebut. Ada beberapa pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini untuk memperkeruh, mendompleng, memboncengi kejadian-kejadian ini," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi Indozone, Jumat (22/5/2020).

Dia menyebut pihak ketiga itu tidak ada sangkut pautnya dengan kedua belah pihak yang terlibat. Untuk itu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur menggencarkan patroli siber untuk mencari para pelaku yang memanfaatkan situasi ini untuk memperkeruh suasana.

"Kita sekarang melakukan langkah patroli siber. Patroli siber kita optimalkan melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Intelkam Polda Jawa Timur dan juga humas ya," ungkap Trunoyudo.

Lebih jauh Trunoyudo menyebut pihaknya akan menyisir konten-konten yang bersifat provokatif terkait viralnya video itu. Polisi juga akan melakukan penyelidikan mendalam jika ditemukan konten-konten tersebut.

"Kita akan melihat konten-konten yang sifatnya ujaran kebencian, sara, provokasi kemudian berita bohong ini sudah mulai banyak. Tentu ini bagian dari penyelidikan kita," kata Trunoyudo.

Seperti diketahui, aksi Habib Umar Assegaf cek-cok hingga nyaris baku hantam dengan petugas Satpol PP viral di lini massa. Aksi itu diketahui terjadi saat petugas menegur mobil yang ditumpangi Habib Umar karena melanggar peraturan PSBB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X