AHY Sebut Patriotisme Tak Cukup Merdeka atau Mati

- Rabu, 20 November 2019 | 13:31 WIB
Instagram/@agusyudhoyono
Instagram/@agusyudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, di era 4.0 revolusi industri sekarang ini, patriotisme tidak cukup hanya dengan semboyan merdeka atau mati saja.

Menurut dia, patriotisme era sekarang diwujudkan dengan mempertahankan kedaulatan dan integritas negara, serta ditambah dengan menjawab perubahan zaman yang begitu cepat.

Ia menambahkan slogan menjadi adaptif, kompetitif, kreatif dan inovatif atau mati.

Hal tersebut disampaikan AHY saat sedang memberikan kuliah umum mahasiswa program Euro Management yang akan ke luar negeri.

Dalam kesempatan itu, AHY mengatakan tak ingin Indonesia menjadi bangsa yang seperti dinosaurus, besar tapi lambat geraknya serta tak bisa menyesuaikan dengan perubahan zaman.

"Jangan sampai bangsa kita seperti dinosaurus, besar tapi lambat bergerak, tidak bisa menyesuaikan perubahan dan tantangan zaman, kita ingin Indonesia semakin maju semakin sejahtera 100 tahun, 1.000 tahun ke depan," ujar AHY.

Ia juga berpesan agar para mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di luar negeri itu agar tidak melupakan bangsa dan tetap ikut memberikan kontribusi di masa depan.

AHY juga berharap agar pemerintah memberikan peluang yang baik bagi generasi muda berprestasi lulusan luar negeri, sama dengan peluang yang diberikan oleh negara tempat mereka menimba ilmu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X