Begini Modal Indonesia Hadapi Goncangan Ekonomi

- Sabtu, 10 Agustus 2019 | 09:37 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat berbicara pada acara Breakfast Forum Iluni FEB UI di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (9/8/2019). (Foto: Humas Kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat berbicara pada acara Breakfast Forum Iluni FEB UI di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (9/8/2019). (Foto: Humas Kemenkeu)

Menteri Keuangan Sri Mulyati Indrawati memaparkan jika pada era global ini, ada faktor yang berada di luar kendali Indonesia dalam membangun fundamental ekonomi.

Di era ekonomi yang saling terkait saat ini, kata ia, banyak sekali faktor kebijakan negara maju yang mempengaruhi perekonomian Indonesia dan seluruh negara lainya.

"Kendali tersebut berada pada negara yang secara sistem ekonomi sangat kuat seperti Amerika, Eropa, Jepang, dan RRC," ujarnya seperti dilansir setkab.go.id.

Ia menegaskan, Indonesia memiliki peluang dalam kemandirian ekonomi yang bersumber dari dalam negeri agar bertahan apabila terjadi goncangan lingkungan global.

Modal tersebut, kata ia, diantaranya sisi jumlah penduduk, potensi ekonomi yang besar, geografi yang luas dan kekayaan alamnya. Namun,  terdapat beberapa hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan diantaranya peningkatan produktifitas dan daya saing, pendalaman jasa keuangan yang inklusif serta reformasi struktural.

Sri mengatakan, adanya gejolak global bisa berdampak pada Indonesia walaupun sudah melakukan kebijakan ekonomi yang tepat, di dalam “Kalau mereka ‘bersin’ maka seluruh dunia akan terkena flu,” ujarnya. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X