The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapolri: Pembangunan SDM Unggul di Kepolisian Perlu Dijaga
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. (Antara/Wahyu Putro A)
News

Kapolri: Pembangunan SDM Unggul di Kepolisian Perlu Dijaga

Testimoni kapolri dalam sebuah buku.

Jumat, 24 April 2020 08:43 WIB 24 April 2020, 08:43 WIB

INDOZONE.ID - Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Eko Indra Heri meluncurkan buku berjudul 'Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi'. Buku ini dikeluarkan dengan tujuan memberikan pandangan guna mewujudkan kualitas manusia yang unggul.

"Diperlukan kualitas sumber daya manusia unggul yang mampu beradaptasi terhadap berbagai perubahan," kata Eko dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Saat ini, dinamika lingkungan eksternal organisasi dikatakannya mengalami perubahan yang sangat cepat. Dengan diluncurkannya buku ini dapat memberikan penekanan cara pandang baru dalam manajemen sumber daya manusia.

Selain itu, Kapolri Jenderal Idham Azis angkat bicara perihal diterbitkannya buku tersebut. Dalam testimoninya, dia mengatakan jumlah SDM Polri mencapai sekitar 500 ribu personel dan tersebar di seluruh Indonesia.

SDM di lingkup Polri itu perlu dikelola secara lebih strategis dan profesional sejalan dengan salah satu sasaran program penting Polri yakni membangun manusia unggul di lingkungan lembaga kepolisian.

"Pembangunan SDM yang unggul di Lembaga kepolisian merupakan aset penting, mengingat amanah yang diberikan negara kepada Polri untuk menjaga, menciptakan dan mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat," kata Kapolri Jenderal Idham Azis dalam testimoni buku tersebut.

Buku itu terdiri dari  11 bab. Keseluruhan bab itu mengulas tentang bagaimana mewujudkan kualitas manusia untuk menghadapi serta mampu beradaptasi dengan segala bentuk inovasi.

Buku,Kapolri,Polsi
Buku yang diluncurkan. (Foto: dok. divisi humas mabes polri)

Mengulas lebih jauh dari buku tersebut, pada Bab I membahas tentang konsep, urgensi, komponen Manajemen SDM dari perspektif human capital. Bab II membahas tentang evolusi manajemen SDM dengan menekankan kepada pergeseran paradigma personel management menuju human resource management.

Bab III buku itu membahas tentang peran SDM dalam perspektif Birokrasi dan Otonomi Daerah terutama menyangkut fenomena permasalahan kesiapan SDM dalam otonomi daerah. Selanjutnya di Bab IV membahas tentang pentingnya Perencanaan SDM dalam menghadapi berbagai tantangan organisasi.

Bab V berisi tulisan penulis dengan spesifik menguraikan manajemen SDM strategis yang mengaitkan manajemen SDM dengan sasaran strategis organisasi. Bab Vl, membahas tentang human capital sebagai aset dan keunggulan kompetitif organisasi.

Lalu pada Bab VII mengulas profil kompetensi SDM pada Era Industri 4.0 tentang perkembangan era industri 4.0. Memasuki Bab VIII, penulis menuliskan soal perspektif kontemporer dalam manajemen SDM.

Kemudian Bab IX membahas ukuran efektivitas manajemen SDM tentang keberhasilan organisasi sebagai ukuran efektivitas manajemen SDM dan beberapa faktor yang memengaruhi kinerja SDM. Bab X juga dibahas tentang organisasi, yakni reframing, restructuring, revitalizing, dan renewal yang kesemuanya diperlukan untuk transformasi organisasi.

Terakhir, pada Bab Xl penulis menyajikan talent management yang merupakan paradigma baru dalam membangun ketersediaan SDM yang memiliki talenta untuk mendukung posisi kunci, suksesi dan keunggulan organisasi.

Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US