Deretan Negara yang Telah Terjangkit Infeksi Virus Corona

- Sabtu, 25 Januari 2020 | 18:00 WIB
Warga memakai masker saat tiba di IBandara Ivalo, Finlandia sebagai pencegahan terinfeksi virus Corona ( Lehtikuva/Tarmo Lehtosalo via REUTERS)
Warga memakai masker saat tiba di IBandara Ivalo, Finlandia sebagai pencegahan terinfeksi virus Corona ( Lehtikuva/Tarmo Lehtosalo via REUTERS)

Virus Corona dilaporkan telah menyebar ke berbagai belahan dunia, sejak muncul di Wuhan, Tiongkok. Virus yang mirip SARS tersebut dilaporkan telah membuat 41 orang meninggal dunia.

Virus Corona pun menjadi perhatian masyarakat internasional. Sampai berita ini ditulis, Sabtu (25/1/2020), ada beberapa negara yang mengonfirmasi telah menemukan penyakit ini di wilayah mereka.

1. Tiongkok

Negara ini dianggap sebagai sumber pertama virus Corona. Virus ini diidentifikasi pertama kali pada 31 Desember 2019 di Wuhan, Hubei. Sampai dengan Sabtu (25/1/2020), sudah ada sekitar 1.300 orang yang terinfeksi virus Corona di Tiongkok.

Penyebaran terbesar adalah di wilayah Wuhan, dimana hampir semua korban yang terjangkit meninggal dunia. Karena kota ini terhubung ke berbagai wilayah lain, membuat virus Corona gampang menyebar.

Di Makau sudah ada 2 kasus terinfeksi Corona, dan di Hong Kong ada lima kasus.

2. Australia

Australia juga sudah mengonfirmasi infeksi virus Corona. Korban adalah seorang pria yang baru pulang dari Tiongkok seminggu lalu.

-
Antisipasi penyebaran Virus Corona di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

3. Jepang

Jepang mengonfirmasi 2 kasus infeksi virus Corona di wilayahnya. Korban pertama adalah seorang pria yang baru saja mengunjungi Wuhan. Korban kedua adalah seorang pria Wuhan yang berkunjung ke Jepang. Kini, mereka tengah menjalani perawatan.

4. Malaysia

Malaysia telah mengonfirmasi adanya tiga kasus virus Corona. Mereka bertiga merupakan warga Tiongkok yang berlibur ke Tiongkok. Kini, para korban sedang dirawat di ruang isolasi.

5. Singapura

Virus Corona juga telah menyebar di Singapura. Tiga kasus virus Corona di Singapura dialami oleh seorang pria berusia 66 tahun dan anaknya yang berusia 37 tahun. Kemudian, seorang perempuan berusia 52 tahun. Ketiga korban diketahui berasal dari Wuhan.

Kasus infeksi ini sempat membuat aparat Singapura mensterilkan kamar di Hotel Shangri-La Rasa Sentosa yang sempat dihuni korban.

-
Antisipasi penyebaran Virus Corona oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Entikong ( ANTARA FOTO/Agus Alfian)

6. Prancis

Prancis melaporkan tiga orang terjangkit virus Corona di negaranya. Menteri Kesehatan Perancis Agnes Buzyn memperkirakan akan ada kasus lanjutan terkait infeksi virus ini.

7. Thailand

Di Thailand sudah ada 4 kasus gara-gara virus Corona. Tiga orang korban diketahui berasal dari Wuhan. Dua korban diketahui sudah membaik dan telah pulang ke Tiongkok.

8. Korea Selatan

Kementerian kesehatan Korea Selatan mengonfirmasi temuan dua kasus infeksi virus Corona di wilayahnya. Korban pertama terinfeksi virus saat bekerja di Wuhan. Korban kedua diketahui terinfeksi usai mengikuti penerbangan dari Wuhan.

-
Petugas medis menggunakan pakaian pelindung saat mengontrol ruangan khusus untuk wabah Virus Corona di Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS), Bandung. ( ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

9. Amerika Serikat

Virus Corona juga dilaporkan telah ditemukan di Amerika Serikat. Korban pertama adalah seorang pria di Seattle, dan korban kedua berasal di Chicago. Kini, mereka telah dirawat dan dikabarkan mulai membaik.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X