Ini Sosok Pimpinan Komisi I dan III DPR

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 23:04 WIB
Pimpinan DPR Puan Maharani (kanan) dan Aziz Syamsuddin (kiri) memimpin rapat paripurna ke-4 masa persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10). (Antara/Puspa Perwitasari)
Pimpinan DPR Puan Maharani (kanan) dan Aziz Syamsuddin (kiri) memimpin rapat paripurna ke-4 masa persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10). (Antara/Puspa Perwitasari)

Rapat paripurna DPR RI menetapkan Herman Herry sebagai Ketua Komisi III, Selasa (29/10). Kader PDIP itu akan memimpin para anggota dewan di bidang hukum, HAM, dan keamanan. 

Ketua DPR, Puan Maharani, membacakan calon ketua dan wakil ketua Komisi III yang bakal ditetapkan pada awalnya. Mereka adalah Herman Herry dari Fraksi PDIP sebagai ketua. Adapun untuk wakil ketua Adies Kadir (Golkar), Desmond Mahesa (Gerindra), Ahmad Syahroni (Nasdem), serta Mulfachri Harahap (F-PAN).

Puan kemudian meminta persetujuan para anggota Komisi III yang hadir untuk menetapkan nama-nama pimpinan tersebut. Seluruh anggota pun kompak menyetujui usulan yang diberikan.

Puan mengharapkan agar para pimpinan anggota Komisi III bisa bekerja cepat dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Khususnya kepada pimpinan Komisi III DPR RI dalam melaksanakan tugas bangsa dan negara, serta memperjuangkan aspirasi rakyat. Mungkin Komisi III ini yang akan bekerja paling cepat mulai hari ini," tutur Puan. 

Adapun, Komisi I juga telah melantik kelima pimpinan. Mereka adalah Meutya Viada Hafid (Golkar) sebagai Ketua Komisi, serta empat orang Wakil Ketua, antara lain Utut Adianto (PDIP), Bambang Kristiono (Gerindra), Teuku Riefky Harsya (Demokrat), dan Abdul Kharis Almasyahri (PKS).

Pelantikan itu juga dipimpin langsung oleh Puan dan berlangsung tanpa dinamika. 

"Kami bersyukur hari ini sudah bisa disahkan. Komisi I menjadi komisi pertama yang diresmikan," tutur Meutya. 

Penetapan pimpinan masing-masing komisi masih bakal terus bergulir dalam rapat komisi setelah paripurna, di Gedung Nusantara II, sejak Selasa hingga Kamis (31/10). 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X