Jokowi Bahas Penyelesaian ZEE Dengan PM Nguyen Xuan

- Senin, 24 Juni 2019 | 14:06 WIB
Humas Setkab/Moerti
Humas Setkab/Moerti

Batas zona ekonomi ekslusif (ZEE) antara Indonesia dan Vietnam di Laut Natuna Utara menjadi salah satu topik yang dibahas Presiden Joko Widodo saat bertemu Perdana Menteri (PM) Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela penyelenggaraan KTT Ke-34 ASEAN 2019 di Hotel Athenee Bangkok, Sabtu (22/6).

Jokowi menilai belum terwujudnya kesepakatan terkait ZEE Indonesia-Vietnam akan terus menimbulkan masalah. Hal ini berkaca dari insiden provokasi kapal pemerintah Vietnam terhadap KRI Tjiptadi-381 di laut Natuna Utara beberapa waktu lalu. 

Saat itu, KRI Tjiptadi-381 sedang melakukan penegakan hukum terhadap kapal ikan Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal. Namun kapal pengawas perikanan Vietnam berusaha menghalangi proses penegakan hukum dan kedaulatan yang dilakukan KRI Tjiptadi-381 dengan menabrakkan badan kapal ke KRI Tjiptadi-381. Pihak pengawas perikanan Vietnam menilai kapal BD 979 tidak bersalah dan mengklaim kapal tersebut melakukan pencarian ikan di wilayah teritorial Vietnam.

Untuk itu jugalah, Jokowi berharap permasalahan batas ZEE dapat diselesaikan dengan cepat untuk meminimalisi potensi masalah yang akan terus terjadi antara Indonesia dan Vietnam.

"Insiden-insiden yang terjadi antara otoritas keamanan laut kedua negara akhir-akhir ini merupakan salah satu dampaknya. Untuk itu, Saya berharap Yang Mulia dapat menginstruksikan kepada tim teknis Vietnam untuk dapat segera menyelesaikan perundingan batas ZEE," ujar Jokowi.

Untuk diketahui, Indonesia dengan Vietnam baru memiliki kesepakatan terkait koordinat batas landas kontinen yang tertuang dalam Perjanjian Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Sosialis Vietnam.

Kesepakatan tentang Penetapan Batas Landas Kontinen tersebut ditandatanggani pada 26 Juni 2003 dan telah diratifikasi melalui UU No. 18 tahun 2007. Perjanjian kedua negara ini menghasilkan kesepakatan enam titik koordinat dengan panjang garis batas landas kontinen sekitar 251,03 mil laut atau sekitar 464,9 km. 

Pulau terluar yang berbatasan dengan negara Vietnam yakni Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X