Berikut 5 Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

- Senin, 17 Juni 2019 | 15:36 WIB
Pixabay
Pixabay

Jambu biji merah merupakan salah satu dari beberapa varietas dari jambu biji (Psidium guajava). Tak hanya rasanya yang lezat, buah jambu merah juga memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan, magnesium, dan tembaga.

Selain kaya akan nutrisi, jambu biji merah juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jambu biji yang sudah dirangkum Indozone.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

-
Unsplash

Ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengontrol kadar gula darah dan resistensi insulin. Selain itu, jambu merah dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kandungan serat dalam jambu sangat baik untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

-
picswe

Satu biji jambu merah mengandung serat kurang lebih 12 persen kebutuhan serat harian. Efek antimikroba yang ada di dalamnya ampuh mengatasi gangguan diare dan berbagai risiko infeksi saluran pencernaan lainnya.

3. Meningkatkan Trombosit

-
Unsplash

Jambu biji merah sangat disarankan bagi para pasien demam berdarah. Sebab, jambu merah dapat meningkatkan trombosit pada tubuh pasien tersebut. Bukan cuma daging buahnya saja, tetapi daunnya juga punya khasiat untuk menyembuhkan sakit demam berdarah.

4. Mencegah Osteoarthritis

-
Medical News Today

Sebuah penelitian yang diterbitkan Food Science and Nutrition, ternyata daun jambu yang sudah diekstrak bisa mencegah kerusakan pada tulang rawan. Jika terus dibiarkan, kerusakan tulang tersebut akan menyebabkan seseorang terkena osteoarthritis. Karenanya, disarankan untuk rutin mengonsumsi jambu biji merah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

-
Nutrafol

Kandungan antioksidan dalam jambu dapat mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin C berkhasiat mencerahkan kulit, khususnya pada wanita. Tak hanya itu, mengonsumsi jambu biji dapat mengobati jerawat karena di dalamnya ada kandungan antimikroba dan anti inflamasi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X