Cara Kreatif Vietnam agar Terbebas dari Virus Corona

- Rabu, 4 Maret 2020 | 10:52 WIB
Kiri: Orang Vietnam memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. (REUTERS/Kham) Kanan: Cuplikan video animasi kampanye virus corona. (screenshoot/YouTube/MIN OFFICIAL)
Kiri: Orang Vietnam memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. (REUTERS/Kham) Kanan: Cuplikan video animasi kampanye virus corona. (screenshoot/YouTube/MIN OFFICIAL)

Beberapa negara masih digegerkan dengan mewabahnya virus corona. Di tengah kekhawatiran ini, terselip kabar yang sedikit menenangkan, yaitu jumlah penderita corona di Vietnam sebanyak 16 orang, dinyatakan sembuh.

Kementerian Kesehatan Vietnam pada Selasa minggu lalu, menyatakan bahwa seluruh pasien corona dinyatakan sembuh.

Pihak Kementerian Kesehatan mengungkapkan, sejak 13 Februari 2020 tidak ada kasus virus corona baru. Di Vietnam sendiri, virus corona pertama kali menyerang dua orang warga Tiongkok pada 23 Januari 2020.

Pasien terakhir yang diketahui menderita virus corona ialah seorang pria berusia 50 tahun. Pria tersebut terinfeksi corona dari putrinya yang baru pulang dari Kota Wuhan, Tiongkok.

Dilansir dari Reuters, pria itu telah dinyatakan sembuh dan sudah keluar dari rumah sakit. Kementerian Kesehatan juga menyatakan bahwa sisa pasien corona lainnya, termasuk seorang bayi berusia tiga bulan telah membaik.

Usut punya usut, Vietnam memiliki cara tersendiri untuk mencegah penyebaran virus corona. Bahkan, pencegahan ini terbilang sangat kreatif.

Lewat sebuah lagu kampanye hidup bersih dan sehat, yang dinyanyikan oleh penyanyi pop Min dan Erik berjudul "Ghen Co Vy" milik Khac Hung.

Video lagu berisi pencegahan virus corona ini bahkan sampai membuat program acara "Last Week Tonight with John Oliver", tertarik untuk menayangkannya pada Minggu (1/3/2020) malam.

Seorang komedian dan penulis Inggris-Amerika, John Oliver menilai bahwa lagu tersebut adalah sebuah media informasi publik yang luar biasa.

Menurutnya, lagu tersebut berisi tentang cara membatasi penyebaran virus corona melalui kebersihan yang layak.

"Vietnam membuat lagu tentang mencuci tangan untuk mencegah infeksi virus Corona dan itu benar-benar menampar! Itu adalah klub yang asli di sana!" kata John dilansir dari VnExpress pada Selasa (3/3/2020).

Video yang dibuat dalam bentuk animasi itu memperlihatkan bagaimana cara orang-orang mencegah penyebaran virus corona, dengan cara memakai masker serta cara mencuci tangan yang benar.

Dalam acara "Last Week Tonight with John Oliver", John memperlihatkan dua orang penari Vietnam Quang Dang, menari dengan diiringi lagu dan diunggah ke aplikasi hiburan, TikTok.

Video unggahan Quang Dang itu bertujuan untuk mengajak banyak orang agar menjaga kebersihan, salah satunya ialah mencuci tangan yang benar.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X