Potret Infrastruktur Ibu Kota Setelah Unjuk Rasa di DPR

- Rabu, 25 September 2019 | 14:45 WIB
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9). (Antara/Muhammad Adimaja).
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9). (Antara/Muhammad Adimaja).

Massa dari kalangan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9). Mereka menuntut para anggota dewan membatalkan revisi UU KPK dan pengesahan RKUHP. 

Ribuan massa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi memadati kawasan sekitar Kompleks Parlemen. Namun, kericuhan pecah ketika polisi menembakkan gas air mata jelang matahari terbenam. 

Saling serang antara polisi dan demonstran pun terjadi. Jalan Gatot Subroto, Slipi, hingga Senayan pun nyaris lumpuh karena dipenuhi lautan massa. 

Suasana mencekam juga terlihat karena aksi vandalisme yang dilakukan sejumlah oknum. Mereka melakukan pengerusakan infrastruktur hingga pembakaran terhadap spanduk-spanduk, ban, hingga papan reklame. 

Lantas, bagaimana potret terkini sejumlah infrastruktur yang menjadi pelampiasan dalam aksi demo tersebut? Mari simak dalam penjabaran berikut ini. 

Pos Polisi 

-
Antara/Aprillio Akbar

Anggota Polisi dan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) terlihat beraktivitas di dekat Pos Polisi yang hangus terbakar pascabentrok mahasiswa di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9). 

Tidak hanya di Senayan, Pos Polisi Slipi juga menjadi target pembakaran oknum massa. Polisi pun telah menangkap 17 orang yang diduga menjadi dalang di balik aksi tersebut. 

Tanaman Rusak

-
Antara/Aprillio Akbar.

Petugas PPSU berjalan di dekat pot bunga yang rusak akibat unjuk rasa mahasiswa di Jalan Gatot Subroto, Slipi, Jakarta, Rabu (25/9). Selain itu, taman-taman di bawah fly over pun mengalami kerusakan karena diinjak peserta aksi demo kemarin. 

Polsek Palmerah

-
Antara/Aprillio Akbar.

Sejumlah warga berjalan di depan kantor Polisi Subsektor Palmerah yang hangus terbakar setelah unjuk rasa mahasiswa, di Jalan Gelora, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9).

Pospol diketahui dibakar massa sekira pukul 21.15 WIB. Mereka diduga emosi karena tidak bisa masuk ke dalam Gedung Parlemen. 

Rambu-rambu Lalu Lintas

-
Antara/Aprillio Akbar.

Warga berjalan di dekat rambu lalu lintas yang rusak setelah unjuk rasa mahasiswa, di Jalan Gatot Subroto, Slipi, Jakarta, Rabu (25/9). Selain rambu lalu lintas, pagar-pagar area sekitar Gedung DPR/MPR pun rusak karena massa mencoba masuk ke dalam area Kompleks Parlemen. 

Coretan di Tembok 

-
(Antara/Aprillio Akbar).

Petugas PPSU mengecat ulang bekas coretan bernada satire yang mengotori pembatas jalan di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9). Coretan itu merupakan hasil tangan sejumlah oknum peserta aksi unjuk rasa kemarin.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X