Imported Case Meningkat, Jokowi Minta Pengendalian Transportasi Lintas Wilayah

- Senin, 13 Juli 2020 | 12:01 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan virus corona (Covid-19) yang masuk ke Indonesia dari luar negeri atau imported case mengalami peningkatan. Hal itu disampaikannya dalam rapat terbatas atau ratas.

Oleh sebab itu, Jokowi mengimbau jajarannya untuk mengendalikan wilayah perbatasan dan juga perjalanan, serta transportasi lintas wilayah secara betul dan maksimal.

"Kemudian yang kedua, pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah. Kita harus jadikan perhatian lagi karena imported cases dari luar negeri juga kita lihat meningkat," ucap Jokowi, Senin (13/7/2020).

Seperti diketahui sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menegaskan penumpang penerbangan luar negeri atau internasional wajib menyertakan hasil negatif Covid-19 melalui metode uji usap atau swab test Polymerase Chain Reaction/PCR.

Sedangkan penumpang penerbangan domestik bisa hanya menggunakan hasil rapid test (uji cepat). Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, yang diubah menjadi SE Nomor 6 Tahun 2020.

Sedangkan untuk penumpang dari luar negeri, kata Doni, mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 Tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X