Soal Lama Waktu Pembuatan Vaksin Virus Corona, Komisi IX: Serahkan pada Ahlinya

- Kamis, 23 Juli 2020 | 18:58 WIB
Anggota Komisi IX Intan Fauzi (tengah) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/7/2020). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Anggota Komisi IX Intan Fauzi (tengah) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/7/2020). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Anggota Komisi IX Intan Fauzi menyebutkan bahwa berapa lama proses pembuatan vaksin untuk virus corona atau Covid-19 diserahkan seluruhnya kepada para ahli. Namun, ia memaklumi banyak masyarakat yang ingin vaksin itu segera diselesaikan.

"Ini memerlukan proses yang sangat panjang. Kita serahkan pada ahlinya, namun euforia masyarakat, karena memang sudah melakukan menjalani PSBB yang cukup mungkin relatif lama buat masyarakat," ucap Intan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Kendati demikian, anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengatakan, vaksin Covid-19 yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat saat ini adalah memang sebagai penyelesaian dari masalah pandemi virus corona di Tanah Air.

"Kemudian menyambut dengan gegap gempita, bahwa vaksin ini, karena memang ya ditunggu adalah vaksin dan obat, supaya kita semua bisa berjalan normal," ungkapnya.

Kendati demikian, Intan juga mengimbau kepada seluruh ahli yang tengah berjuang menguji atau membuat vaksin corona untuk mengutamakan kehati-hatian. Pasalnya, ini pun menurutnya akan menyangkut masalah kedaulatan negara.

"Tentunya kami di DPR dalam hal anggaran, kemudian pengawasan, ini intinya adalah mendukung kalau memang dalam rangka uji coba vaksin ini" terang Intan.

"Artinya dari hasil uji klinis itu harus betul-betul efisiensinya adalah sesuai standar WHO, yaitu 70 sampai 80%, nah itu yang memang harus betul-betul terlaksana," tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X