Mantap! Uni Emirat Arab Gelontorkan Investasi Dana Segar Rp144 Triliun ke Indonesia

- Rabu, 24 Maret 2021 | 09:18 WIB
Presiden Jokowi disambut Putra Mahkota UEA Mohamed Bin Zayed di Istana Qasr Al Watan Abu Dhabi pada kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab, (Handout Biro Pers Istana via Antara)
Presiden Jokowi disambut Putra Mahkota UEA Mohamed Bin Zayed di Istana Qasr Al Watan Abu Dhabi pada kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab, (Handout Biro Pers Istana via Antara)

Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Komandan Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) , Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, mengumumkan akan berinvestasi US$10 miliar atau sekitar Rp144 triliun ke Indonesia.

Investasi itu akan diarahkan ke sovereign wealth fund Indonesia -- Otoritas Investasi Indonesia (INA).

Dilansir kantor berita resmi UEA, WAM, investasi ini akan fokus kepada infrastruktur, pelabuhan, pariwisata, agrikultur, dan sektor menjanjikan lainnya.

Padahal, baru bulan lalu Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama anggota Dewan Pengawas dan Dewan Direktur INA, yang dibentuk di bawah Undang-Undang Omnibus Cipta Kerja.

Sovereign fund Indonesia bertujuan untuk mengimplementasikan proyek-proyek strategis yang mendukung pembangunan nasional, termasuk pembangunan infrastruktur dan konstruksi ibu kota baru di Kalimantan.

Investasi ini tak lepas dari hubungan diplomatik yang terjalin harmonis antara Indonesia dan UEA, sejak dimulai pada tahun 1976.

Pada tahun 2015, Presiden Jokowi berkunjung ke UEA dan dibalas dengan kunjungan Putera Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan ke Indonesia pada Juli 2019.

Kedua negara telah menandatangani sejumlah kesepakatan kerjasama. Keduanya pun baru-baru ini menyelesaikan Pekan UEA-Indonesia 2021, di mana sejumlah kesepakatan kerja sama telah ditandatangani terkait dengan pelabuhan, logistik, industri pertahanan dan strategis, energi, pariwisata, ekonomi kreatif dan mangrove.

Dari segi hubungan perdagangan dan ekonomi, telah terdapat pertumbuhan besar, dengan volume pertukaran dagang mencapai 3,7 miliar dolar AS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X