DPR Gelar Rapat Paripurna Siang Ini, Sahkan Prolegnas Prioritas 2021

- Selasa, 23 Maret 2021 | 11:41 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat paripurna yang dijadwalkan pada pukul 13.00 WIB. Adapun rapat paripurna beragendakan pengesahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021.

“Rapat Paripurna kali ini akan menerima laporan Baleg tentang Prolegnas RUU Prioritas 2021 untuk dimintakan persetujuannya ke Paripuran DPR,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Puan menuturkan, nantinya dalam rapat paripurna Pimpinan Badan Legislasi (Baleg) akan menyampaikan laporan hasil penyusunan dan pembahasan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Rancangan Undang-Undang (RUU) Prioritas Tahun 2021.

Kemudian lanjutnya, pimpinan Baleg juga memaparkan Program Legislasi Nasional Rancangan Undang-Undang Perubahan Tahun 2020-2024 yang dilakukan Badan Legislasi bersama Menteri Hukum dan HAM serta Panitia Perancang UU DPD RI.

“Akan dilaporkan Prolegnas RUU Prioritas 2021 serta Prolegnas RUU Perubahan tahun 2020 – 2024,” tutur Puan.

Di sisi lain, mengenai RUU apa saja yang masuk dalam Prolegnas prioritas 2021, Politikus PDIP ini menegaskan DPR RI mendengar semua masukan masyarakat. 

“Semua aspirasi yang masuk kita pertimbangkan dalam menyusun Prolegnas prioritas 2021,” katanya.

Dia menekankan, DPR akan terus memiliki komitmen guna meningkatkan kinerja legislasinya. Selain itu, kata Puan, paradigma yang harus dikembangkan dalam mengukur kinerja fungsi legislasi DPR RI, adalah pada kualitas produk legislasi.

Produk legislasi yang berkualitas, lanjut Puan, selain dapat memenuhi kebutuhan hukum nasional dan kepastian hukum, juga dapat meningkatkan kemajuan dan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Karena itu DPR berkomitmen untuk membuka ruang partisipasi bagi rakyat dalam setiap pembahasan RUU," tandas Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X