Meski Belum Ada Sanksi, KCI Klaim Penumpang KRL Tertib Dengan Aturan Baru

- Senin, 20 Juli 2020 | 11:13 WIB
Anggota TNI memberikan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Anggota TNI memberikan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba menjelaskan, situasi pada Senin pagi (20/7/2020) di sejumlah stasiun terpantau lancar dan pengguna KRL semakin tertib mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang baru, yakni penumpang KRL wajib menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. 

Anne mencontohkan, seperti halnya di Stasiun Bogor, pagi ini para pengguna KRL terlihat tertib saat memasuki area stasiun. 

"Sebagian besar pengguna KRL juga telah menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, padahal ini masih masa sosialisasi aturan ini. Sosialisasi itu sendiri diperpanjang untuk memberi waktu lebih bagi para pengguna KRL beradaptasi dengan ketentuan," ujar Anne kepada Indozone, saat dihubungi pada Senin (10/7/2020). 

Anne mengungkapkan, di stasiun Bogor, hingga pukul 08.00 WIB antrean pengguna berjalan tertib. Antrean berjalan lancar dengan posisi puncak di selasar pedestrian stasiun Bogor, namun selepas pukul 07.30 WIB antrean hanya ada setelah pengguna masuk gate stasiun sebelum menuju ke peron. 

"Situasi hingga pukul 08.00 WIB di stasiun padat pengguna antara lain di Cilebut, Bojonggede, dan Citayam juga telah terurai dari antrean," ungkapnya. 

Menurut Anne, lancarnya situasi pada pagi hari ini tidak lepas dari peran serta para pengguna yang telah merencanakan perjalanannya dengan baik, frekuensi perjalanan kereta yang optimal, dan didukung bantuan bus gratis dari penerintah yang tersebar di sejumlah stasiun dengan volume pengguna terbesar. 

Dari segi volume pengguna KRL hingga pukul 08.00 WIB pagi ini, tercatat 109.804 penumpang telah menggunakan layanan KRL. Jumlah ini meningkat 3% dibanding waktu yang sama pada hari Senin 13 Juli lalu. Beberapa stasiun yang meningkat volumenya antara lain Stasiun Bojonggede (meningkat 5%), Bekasi (meningkat 7%), dan Depok Baru (meningkat 6%). 

"Meski ada peningkatan, antrean di sejumlah stasiun tersebut pagi ini terpantau lancar," tuturnya. 

PT KCI sendiri selalu berkomitmen untuk melayani penggunanya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diantaranya menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, pembatasan pengguna di dalam KRL, menjaga jarak saat di stasiun dan KRL, serta penyediaan wastafel tambahan sebagai fasilitas untuk mencuci tangan. Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X