Tak Disangka! Bung Karno Ternyata Gemar Membaca Meski di Toilet, Bahkan Punya Rak Khusus

- Selasa, 24 November 2020 | 19:54 WIB
Bung Karno saat membaca buku (Istimewa)
Bung Karno saat membaca buku (Istimewa)

Ir Soekarno alias Bung Karno dikenal sebagai Bapak Bangsa sekaligus Proklamator RI.

Sosok Bung Karno telah menjadi legenda tersendiri bagi sejarah bangsa. Dirinya juga dikenal begitu dihormati oleh beberapa negara di dunia saat masih menjabat Presiden RI pertama.

Namun, ada hal menarik dari sisi lain Bung Karno. Ternyata, semasa hidup dirinya suka membaca buku meski sedang berada di toilet.

Bahkan, Bung Karno punya rak untuk menyimpan bukunya di toilet tersebut.

Hal ini diungkap putri kandung Bung Karno, Megawati Soekarnoputri dalam webinar pembukaan pameran daring Buku Bung Karno, Selasa (24/11/2020).

Awalnya, Megawati mengenang sosok Bung Karno sebagai orang yang gemar membaca. Bahkan, kata dia, Bung Karno punya koleksi buku mencapai puluhan ribu.

"Beliau menata sendiri buku-bukunya. Sampai hari ini ketika kami keluar dari Istana, Bung Karno membiarkan saja di situ buku-bukunya. Mungkin jumlahnya 20 ribu sampai 30 ribu, yang bertebaran di Istana Merdeka, Istana Negara, dan Istana Bogor. Yang saya dengar itu mulai diarsipkan," kata Megawati dilansir dari ANTARA.

Megawati mengungkapkan bahwa Bung Karno gemar membaca buku di manapun. 

"Kamarnya besar sekali peninggalan Belanda. Ada tempat tidur dan sebelahnya adalah buku. Beliau akan tahu kalau ada yang ambil bukunya. Bahkan pindah sedikit akan ditanyakan. Karena ada tatanya, dinomori sesuai ingatan dia," katanya.

"Di toilet, ada rak kecil dua tingkat yang kami tahu sebagai tempat bacaannya. Yang di atas jangan sedikit pun bergeser. Yang di bawah adalah yang akan dibaca," sambung Megawati.

Oleh karena itu, menurut Megawati, kaum milenial wajib membaca buku-buku yang ditulis oleh Bung Karno, seperti buku Indonesia Menggugat, yang di dalamnya hasil pemikiran Bung Karno dengan kondisi bangsa saat itu terhadap kolonialisme.

"Bagi saya, membaca buku Bung Karno, selain membuka jendela dunia, juga mengekstraksi pikiran-pikiran dari banyak tokoh-tokoh dunia yang dikenal beliau dari buku-bukunya," kata Megawati.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak kaum milenial agar belajar dari kegemaran Proklamator RI Soekarno dalam membaca buku.

"Pemuda bangsa harus belajar dari pikiran dan tindakan Bung Karno dalam membaca buku," kata Megawati dilansir dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X