The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibadah Haji 2020 Batal, Netizen Viralkan Tagar #BalikinDanaHaji
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan untuk meniadakan atau membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020 ini mengingat pandemi COVID-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Se
News

Ibadah Haji 2020 Batal, Netizen Viralkan Tagar #BalikinDanaHaji

Dana milik masyarakat, bukan buat punya pemerintah.

Rabu, 03 Juni 2020 12:05 WIB 03 Juni 2020, 12:05 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah secara resmi telah memberikan pernyataan bila Ibadah Haji 2020 dibatalkan setelah pihak Arab Saudi menyatakan tidak membuka penerbangannya ke Indonesia. Pernyataan itu tentu menimbulkan pertanyaan di segenap netizen, khusus perihal dana haji yang tidak jadi digunakan para jemaah.

Di linimasa Twitter, keputusan itu dikaitkan dengan pernyataan yang mengatakan dana tersebut akan dipergunakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk memperkuat rupiah. Sontak, netizen pun bereaksi di linimasa.

Tagar Balikindanahai di Twitter sempat trending.
Tagar Balikindanahai di Twitter sempat trending. (Twitter).

Tagar #BalikinDanaHaji viral di Twitter sejak semalam sampai pagi ini, Rabu (3/6/2020). Beberapa netizen mempertanyakan kebijakan pemerintah yang mau menggunakan uang rakyat untuk hal tersebut.

"Tidak mmberangkatkan jemaah haji  kalau alasannya ada pandemi itu baik, tapi kalau dananya terus dipakai buat yang aneh-aneh..itu nyolot. diamkan itu duit atau #BalikinDanaHaji itu," tulis akun @RizkiAsihan.

Begitu pula yang diungkapkan akun @Durikurchatov yang memberikan sindiran.

"Ada 13 embarkasi, kalau dirata-ratakan BPIH nya  IDR 35,386,487.71 perorang. Berapa jumlah jemaah haji tahun 2020 yang konon ditunda, tinggal dikalikan saja. Amatlah besar sokongan ummat Islam untuk negara ini," ungkap @Durikurchatov.

Beberapa akun lain seperti @Baswara_yk juga menyayangkan atas berita itu. Beberapa banyak masyrakat yang harus menabung selama bertahun-tahun agar bisa pergi ke Tanah Suci. 

"Pernah mendengar belum perjuangan mereka untuk menabung mengumpulkan dana buat pergi haji, itu tidak mudah ada yang bertahun-tahun, ada yang jual sawah, jual kebun, jual Rumah bahkan. Dan dimasa sulit ini malah dananya entah dibatalkan buat apa? Kasian mereka  #BalikinDanaHaji," tulisnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US