Jokowi Pilih Kaltim Jadi Ibu Kota Baru, Gubernur Kalteng Tak Baper

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 19:03 WIB
Presiden Joko Widodo menunjuk Kalimantan Timur sebagai ibu kota yang baru. (Instagram/@jokowi)
Presiden Joko Widodo menunjuk Kalimantan Timur sebagai ibu kota yang baru. (Instagram/@jokowi)

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran tak berkecil hati meski daerahnya tak terpilih sebagai ibu kota yang baru. Dia justru berharap terpilihnya Kalimantan Timur (Kaltim) bisa memberikan berkah buat semua di wilayah Kalimantan. 

Sugianto menyakini, terpilihnya sebagian daerah Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara bakal berdampak pada kemajuan pembangunan di Kalteng. Lantaran lokasi tersebut tak tidak jauh dari daerah aliran sungai (DAS) Barito, khususnya Barito Utara dan Barito Timur.

Dia menilai DAS Barito layak untuk dijadikan daerah penyangga ibu kota yang baru nantinya. "Yang harus kita lakukan sekarang adalah berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya," kata Sugianto.

Sugianto meminta kepala daerah yang ada di DAS Barito untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait dalam penyusunan program pembangunan, khususnya bidang infrastruktur. Dia menekankan, koordinasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) harus dilakukan lebih intens. 

-
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (Antara/Muhammad Arif Hidayat)

"Penyusunan perencanaan pun jangan asal dan tidak tuntas. Harus berpikir jangka panjang dan memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Sugianto.

Tak Kecewa

Kalteng sebenarnya menjadi salah satu kandidat wilayah ibu kota baru pengganti DKI Jakarta. Presiden Joko Widodo bahkan menyempatkan diri meninjau langsung lokasi di Kalteng.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Namun, Jokowi akhirnya menetapkan Kaltim sebagai ibu kota baru dengan berbagai pertimbangan dan kajian. Sugianto berharap masyarakat provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu tak kecewa dengan keputusan tersebut. 

"Kaltim itu kan saudara kita juga. Semoga dengan terpilihnya Kaltim, bisa menjadi berkah bagi semua," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X