Tambah Rumah Sakit, Pemprov DKI Belum Dapat Persetujuan Kemenkes

- Senin, 9 Maret 2020 | 15:53 WIB
Aktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. (INDOZONE/Arya Manggala)
Aktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. (INDOZONE/Arya Manggala)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah lima rumah sakit rujukan untuk memantau penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) di Ibu Kota. Namun, dua di antara fasilitas kesehatan itu belum mendapat izin persetujuan atau SK dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kalau secara resmi dari Kemenkes memang belum ada SK-nya, tapi kita secara pro aktif sudah menyiapkan kedua RSUD itu sejak satu bulan lalu," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Jakarta, Senin (9/3/2020).

-
RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. (INDOZONE/Arya Manggala)

Antisipasi Wabah Virus Corona di Jakarta

Ani mengatakan, meskipun belum mendapat SK terkait dua rumah sakit tersebut, upaya menambahkan fasilitas kesehatan itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan penanggulangan wabah virus corona di wilayah Jakarta.

"Apabila diperlukan nanti siap menerima kasus kasus Covid-19. Antara lain yang disiapkan adalah menyiapkan ketersediaan ruang isolasi," ujarnya.

Dia menambahkan, sebelumnya ada wabah Covid-19 itu, pihak RSUD memang sudah punya ruang isolasi. Sebab, penyediaan ruang isolasi pada sebuah rumah sakit adalah sesuatu yang prosedural.

"Jadi di semua RS pasti ada ruang isolasi yang kami lakukan adalah menambah. Menambah ruang isolasi yang ada supaya kapasitasnya menjadi lebih besar, tapi secara umum pasti semua RS memiliki ruang isolasi," jelasnya.

Dikatakannya, hingga kini di RS Pasar Minggu sudah merawat empat kasus pasien dalam pengawasan terkait Covid-19. 

Pemprov DKI Jakarta hingga kini terus memantau penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Jakarta dan  menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk pasien rujukan Covid-19 nantinya.

"Sebagai bagian dari Dinas Kesehatan kami menyiapkan delapan rumah sakit rujukan yang akan menjadi rujukan kasus Covid-19," lanjut dia.

Saat ini, terdapat delapan rumah sakit yang disiapkan melayani dan merawat pasien yang idap Covid-19. Bahkan beberapa di antaranya sudah merawat pasien terkait virus corona

Adapun rumah sakit tersebut ialah RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkara, RSAL Mintohardjo, RSUD Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X