Heboh, Gubernur di Meksiko Sebut Orang Miskin Kebal Virus Corona

- Jumat, 27 Maret 2020 | 16:48 WIB
Paramedis tengah menangani pasien positif virus corona. FT_Staf medis membawa pasien corona. (REUTERS/Matthias Rietschel)
Paramedis tengah menangani pasien positif virus corona. FT_Staf medis membawa pasien corona. (REUTERS/Matthias Rietschel)

Gubernur salah satu negara bagian di Meksiko memicu kehebohan, setelah menyebut 'orang miskin' kebal terhadap virus corona atau Covid-19.

Adalah Luis Miguel Barbosa, Gubernur Negara Bagian Puebla mengatakan, bahwa orang miskin di Meksiko seharusnya tidak khawatir soal pandemi global tersebut, saat menggelar konferensi pers di awal pekan ini.

"Jika Anda kaya maka Anda berisiko. Jika miskin, tidak. Orang miskin kebal," kata Luis Miguel Barbosa, melansir Antara, Jumat (27/3/2020).

Gubernur menjelaskan, mereka yang bepergian bisa lebih berisiko terpapar corona dan dia mengkaitkan kemampuan melakukan perjalanan dengan mereka yang kaya. Dia kemudian berasumsi, bahwa orang miskin tidak berisiko terjangkit corona.

Gubernur merupakan 'morenista' atau anggota partai yang sama seperti Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yakni partai National Regeneration Movement (MORENA).

Akibat pernyataanya, Presiden Meksiko dikritik karena pendekatannya yang santai, dan ia, seperti Barbosa, yang membuat pengakuan meragukan.

Belum genap sepekan presiden mengatakan orang Meksiko 'sangat tahan banting' karena budaya mereka, tampaknya menunjukkan bahwa orang Meksiko akan lebih baik dari negara lain yang terjangkit virus corona, berkat akar 'kuno' mereka.

Selain itu, dia juga mengatakan kepada warga agar tetap makan di restoran dengan keluarga mereka, guna membantu perekonomian dan tidak berlebihan dengan situasi yang ada. Padalah, saat ini seluruh negara di dunia sedang memberlakukan karantina wajib (lockdown). 

Di Meksiko, kini tercatat sekitar 475 kasus virus corona. Para ahli yakin, jumlah tersebut jauh lebih banyak, sebab rumah sakit umum menolak untuk memeriksa pasien dengan gejala corona. (Fid)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X