Efektifkah Masker Kain Dijadikan Alternatif Masker? Simak Ulasannya!

- Jumat, 27 Maret 2020 | 20:27 WIB
Ilustrasi penggunaan masker. (photo/Ilustrasi/Pixabay)
Ilustrasi penggunaan masker. (photo/Ilustrasi/Pixabay)

Akibat berkurangnya stok masker medis, banyak masyarakat yang menggunakan masker kain sebagai alternatif lainnya, guna menghindari penularan virus corona.

Namun, apakah hal tersebut efektif mencegah penyebaran virus tersebut? Ini faktanya.

Salah satu dokter spesialis anak, Meta Hanindita mengatakan bahwa masker kain sejauh ini belum diketahui efektivitasnya dalam mencegah penularan virus corona.

-
Tanggapan dokter Meta Hanindita tentang penggunaan masker kain (Instagram/@metahanindita)

Hal itu disampaikannya lewat Instagram pada Kamis (26/3/2020). Namun menurutnya, penggunaan masker itu dapat dipertimbangkan jika keadaan masker medis yang minim.

Sedangkan untuk orang sehat, ia mengatakan bahwa alternatif yang bisa dipakai untuk mencegah penularan yakni menggunakan tisu saat bersin atau batuk dan kemudian membuangnya ke tempat sampah, lalu mencuci tangan serta melakukan physical distancing.

"Meski belum ada bukti jika masker kain yang dilapisi tisu atau kasa steril efektif. Namun dalam kondisi krisis masker, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat merekomendasikan ini sebagai upaya pencegahan terakhir," tulis Meta.

Kemudian Meta juga menerangkan bahwa bayi tak perlu memakai masker. Orangtuanya hanya perlu memastikan dirinya untuk menjaga bayi dengan menjaga kebersihan.

-
Tanggapan dokter Meta Hanindita tentang waktu penggunaan masker (Instagram/@metahanindita)

Di samping itu, sebuah penelitian di Vietnam, Selasa (27/3/2020) pemimpin penelitian yang bernama Raina MacIntyre menemukan fakta bahwa masker kain dapat menyebabkan lebih banyak infeksi daripada masker medis.

Alasannya, karena kain sering digunakan kembali dan tidak dapat menyaring batuk secara baik. Namun, MacIntyre menambahkan bahwa masker kain bisa digunakan jika tidak ada pilihan lain.

"Ketika dokter menghadapi tidak memiliki APD, saya pikir mereka harus menggunakan apa pun yang mereka bisa, dan jika itu buatan sendiri, itu lebih baik daripada tidak sama sekali," ucap Maclntyre dilansir dari  Live Science.

Studi dari jurnal Disaster Medicine dan Public Health Preparedness juga menyimpulkan bahwa masker medis tiga kali lebih efektif daripada masker buatan sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X