Panlih Minta 2 Cawagub DKI Perbaiki Berkas Administrasi

- Kamis, 12 Maret 2020 | 13:02 WIB
Dua Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Nurmansjah Lubis (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).
Dua Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Nurmansjah Lubis (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).

Dua calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis (PKS), telah menyerahkan dokumen persyaratan administrasi ke Gubernur Anies Baswedan. 

Berkas itu lalu diteruskan Anies ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, yang kemudian diproses Panitia Pemilihan (Panlih). Namun, setelah diproses terdapat kekurangan.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah, mengatakan pihaknya telah menerima dan memproses berkas administrasi yang diserahkan kedua Cawagub DKI tersebut.

"Dua-duanya ada yang perlu diperbaiki," kata Farazandi, Kamis (12/3/2020).

Farazandi menyebutkan, tidak banyak kekurangan atau perbaikan yang perlu dilakukan kedua cawagub untuk melengkapi syarat administrasi yang telah ditentukan Panlih. 

Pada syarat itu, terdapat 14 kriteria berkas yang harus dilengkapi sebelum dilakukan pemilihan Cawagub DKI. 

"Minor sih, enggak banyak. Kita ada 14 kriteria penilaian, acuan verifikasi, itu kalau enggak salah masing-masing hanya kurang dua (berkas)," ujarnya.

Dia mengungkapkan salah satu contoh berkas yang kurang dari salah satu calon, yaitu Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT PPh) Pribadi.

"Misalnya ada yang kurang SPT. Dibutuhkan lima tahun terakhir, hanya kurang satu lembar, mungkin keselip atau kan tinggal print aja itu kan. Cuma minor sih," tambah dia.

Ia menambahkan, para Cawagub DKI masih punya kesempatan dan waktu untuk melengkapi berkas persyaratan yang belum lengkap sesuai hasil verifikasi dari Panlih. Nantinya, berkas yang telah diperbaiki kembali diperiksa dan diverifikasi ulang.

"Perbaikan (berkas), sesuai tata tertib sudah kita jadwalkan maksimal dua hari," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X