Banyak yang Belum Tau, Ternyata Inilah Fungsi Lain Dari Sandaran Kepala Kursi Mobil

- Selasa, 12 Mei 2020 | 02:04 WIB
Ternyata sandaran kepala kursi mobil terdapat fungsi lainnya yang bisa digunakan ketika kita sedang berada dalam keadaan darurat. (Kolase/Facebook/Guithasian Gunawan Wukirman)
Ternyata sandaran kepala kursi mobil terdapat fungsi lainnya yang bisa digunakan ketika kita sedang berada dalam keadaan darurat. (Kolase/Facebook/Guithasian Gunawan Wukirman)

#KAMUHARUSTAU Sandaran kepala kursi mobil ternyata bukan hanya untuk tempat menyandarkan kepala saja. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya cedera patah tulang leher ketika mobil mengalami tabrakan dari depan ataupun dari belakang.

Namun, dibalik fungsi tersebut, ternyata sandaran kepala kursi mobil terdapat fungsi lainnya yang bisa digunakan ketika kita sedang berada dalam keadaan darurat.

Sewaktu-waktu kita bisa saja terlibat kecelakaan dan terjebak di dalam mobil. Lalu bagaimana cara agar kita bisa keluar untuk menyelamatkan diri? Apalagi jika ditambah kondisi mobil akan terbakar atau tenggelam di dalam air?

Hal yang harus kamu lakukan adalah memecahkan kaca jendela pintu mobilmu. Karena itu salah satu cara keluar dari sana saat kalian terjebak di dalam mobil yang mengalami kerusakan pada gagang pembuka pintu mobil.

Nah, jika kamu tidak memiliki alat yang bisa digunakan untuk memecahkan kaca mobil. Kamu dapat memanfaatkan sandaran kepala kursi mobil.

Ini menjadi satu alat ampuh untuk memecahkan kaca pintu mobil ketika dalam keadaan darurat. Bagaimana caranya?

Pertama, copot sandaran kepala kursi mobil dan masukkan batang besi sandaran kepala kursi tersebut ke dalam celah kaca dan pintu. Kedua, dorong ke bawah sandaran kepala kursi mobil tersebut dengan kuat. Lalu kaca pintu mobil akan pecah dengan sendirinya.

Saksikan video dibawah ini untuk cara yang lebih jelasnya:

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Hal ini akan lebih baik ketimbang kamu mencoba memukul langsung kaca mobil karena akan memakan banyak waktu dan tenaga, apalagi jika kaca mobil kamu cukup keras.

Artinya, ketika dalam kondisi yang darurat, sandaran kepala kursi mobil akan sangat membantu kita untuk bisa keluar ketika dalam posisi darurat.

Semoga bermanfaat tipsnya. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan. Meskipun kita telah berhati-hati sekalipun, keadaan darurat yang dapat mengancam nyawa akan bisa datang secara tiba-tiba.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X