Suka Gigit Kuku? Awas, Masalah Kesehatan Mungkin Mengintaimu

- Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:28 WIB
Ilustrasi/hypnotherapists
Ilustrasi/hypnotherapists

Ternyata, kebiasan menggigit kuku jari bisa mnyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nggak hanya pada badan saja, dokter mengatakan bahwa kebiasaan menggigit kuku juga disebut sebagai gangguan mental.

Kebiasaan menggigit kuku dalam dunia medis biasa disebut Onychophagia. Menurut Raman Madan, MD, Direktur Dermatologi Kosmetik di Northwell Health, menggigit kuku memiliki konsekuensi dalam jangka panjang.

Mereka yang suka menggigit kuku cenderung mempunyai lebih banyak E. Coli dalam air liur mereka. E. Coli merupakan bakteri yang bisa menyebabkan masalah lambung dan berbagai macam penyakit lainnya.

Selain bisa menyebabkan infeksi, menggigit kuku juga bisa menyebabkan flu dan pilek. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, supaya tidak mudah tertular flu dan kita harus menjauhkan tangan dari mulut.

Karena itu, kita dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan. Selain itu, menggigit kuku juga bisa merusak gigi dan juga gusi. Melansir dari Hello Sehat, kebiasaan menggigit kuku juga bisa menyebabkan kutil.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh HPV (human papillomavirus) yang bisa masuk melalui goresan atau luka. Maka dari itu kutil periungual dapat terjadi pada kita yang sering menggigiti kuku.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X