Tertangkap Basah, Maling Kotak Amal Masjid di Wonogiri Tak Berkutik

- Selasa, 2 Mei 2023 | 16:38 WIB
Pencuri kotak amal masjid saat diamankan warga. (Z Creators/Vitriana Dhessy)
Pencuri kotak amal masjid saat diamankan warga. (Z Creators/Vitriana Dhessy)

Masih suasana Lebaran, Masjid Al Mubarok yang berada di Dusun Tempel, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, dimasuki maling, Senin, 1 Mei 2023. Pelaku beraksi mengambil sebuah kotak amal. 

Kepala Desa Bubakan, Maryanto mengatakan, aksi pencurian tersebut dilakukan pelaku sekira pukul 09.00 WIB. Dimana sebelumnya pelaku sempat melihat-lihat kondisi sekitar masjid. 

Warga yang berada disekitar masjid pun sudah sempat memergoki pelaku. Namun, saat itu, belum terbersit pemikiran bila pelaku akan mencuri kotak amal. 

“Awalnya warga setempat mengira pria tersebut ingin melaksanakan salat,” katanya. 

Tidak lama setelah itu, pelaku melangsungkan aksinya. Kotak amal yang berada di salah satu sisi masjid kemudian dibawa oleh pelaku.

Pelaku mengambil uang yang ada di dalamnya. Setelah itu, pelaku kemudian coba meninggalkan area masjid. 

Aksi pelaku sempat dipergoki oleh warga. Warga yang memergoki tersebut pertama-tama mengecek lebih dulu kondisi kotak amal. Saat dicek, kotak amal sudah dalam kondisi terbuka dan tidak berisikan uang. 

Warga kemudian mencoba mencari keberadaan pelaku. Pelaku rupanya sudah tidak berada di Dusun Tempel.

Setelah melakukan pencarian, ternyata pelaku berada di sebuah masjid di Dusun Beling, Desa Bubakan. 

“Warga sempat menunggu pria tersebut keluar dari musala. Setelah keluar dari musala warga yang mencari tadi menghampiri pria tak dikenal tersebut,” terangnya.

“Alhasil setelah diberhentikan warga, pria tersebut didapati membawa drei dan barang bukti lainya untuk membuka kotak amal tersebut,” imbuhnya. 

-
Pencuri kotak amal masjid saat diamankan warga. (Z Creators/Vitriana Dhessy)

Pelaku tidak bisa berkutik dan hanya bisa terduduk di salah satu sudut masjid. Warga pun langsung berdatangan ke masjid. 

Tidak ada kekerasan yang dilakukan terhadap pelaku. Pelaku kemudian diserahkan kepada Polsek setempat. Sementara itu, jumlah uang yang berada di kotak amal yang dibawa pelaku diketahui sejumlah Rp872 ribu.

Artikel menarik lainnya: 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X