Pesan Presiden Jokowi untuk Gubernur DKI Jakarta: Normalisasi 13 Sungai di Ibu Kota

- Jumat, 23 Desember 2022 | 22:00 WIB
Presiden Jokowi dalam peresmian Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi (Humas Pemprov DKI Jakarta)
Presiden Jokowi dalam peresmian Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi (Humas Pemprov DKI Jakarta)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), ingin siapa pun Gubernur DKI Jakarta, harus konsisen menyelesaikan normalisasi 13 sungai di Ibu Kota Indonesia. Itu dikatakannya saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi (Dry Dam atau Bendungan Kering) di Kabupaaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

"Siapa pun gubernurnya harus konsisten menyelesaikan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta," ujar Jokowi, Jumat (23/12/2022).

Menurutnya, masalah besar DKI Jakarta hingga saat ini ada tiga, yakni banjir, macet, dan tata ruang. Oleh karena itu, ia menegaskan, ketiga hal tersebut haruslah selesai.

-
Presiden Jokowi dalam peresmian Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi (Humas Pemprov DKI Jakarta)

Baca Juga: Jika Temukan Bansos Tak Tepat Sasaran, Dinsos DKI Jakarta: Segera Lapor!

"Problem besar DKI sejak dulu adalah tiga hal, banjir, macet dan tata ruang. Sekarang, kita di sini akan berbicara mengenai urusan banjir. Ini harus diselesaikan, kalau tiga hal ini tidak selesai, sampai kapan pun Jakarta akan selalu banjir,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan proyek normalisasi dan tanggul laut harus segera diselesaikan. Sebab, proyek tersebut sudah memiliki rencananya yang jelas.

"Kemudian, manajemen pemompaan waduk-waduk yang ada di Jakarta, yang ketiga tanggul laut atau yang lebih gede lagi, giant seaworld," sambung Jokowi.

"Karena masterplan sudah jelas di Bapeda DKI ada, di Kementerian PU juga ada dan juga sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga harus segera di selesaikan," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Ada Pembatasan Operasional Angkutan Barang saat Natal, Cek di Sini Ya!

Sementara itu, peresmian ini turut disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, serta Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X