Demi Perdamaian, Jokowi Tawarkan Diri Bawa Pesan dari Zelenskyy untuk Putin 

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:52 WIB
Presiden Jokowi (kiri) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan). (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi (kiri) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan). (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Dalam pertemuan itu, ia menyampaikan, kunjungannya ke Ukraina merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia. 

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022). 

Presiden Jokowi pun menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, ia tetap menyampaikan pentingnya spirit perdamaian yang tidak boleh pernah luntur. 

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” ungkapnya. 

BACA JUGA: Jokowi Terbang ke Ukraina dan Rusia, Ma’ruf Amin akan Pimpin Sementara Pemerintahan

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan, berupa obat-obatan serta komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv. 

Di samping itu, Jokowi menyampaikan bahwa pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan. 

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tandas Jokowi. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X