Erick Thohir Dorong Bandara Internasional Jadi Panggung Tetap Seniman Indonesia

- Rabu, 29 Juni 2022 | 10:42 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) memainkan angklung pada pagelaran budaya
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) memainkan angklung pada pagelaran budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong bandara internasional sebagai gerbang masuk ke Indonesia menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan Indonesia untuk mementaskan karya seni dan budaya Nusantara.

Menurut Erick, gagasan itu tak hanya membuat kelestarian budaya terjaga, tapi juga menjamin penghidupan dan kesejahteraan para pelaku seni dan budaya itu sendiri.

"Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian dan musik Indonesia. Hari ini, festival budaya sudah mulai bergulir di airport di Soekarno - Hatta, setelah sebelumnya di Bali dan Yogyakarta dengan frekuensi yang akan ditingkatkan 3-4 kali dalam sebulan,” ujar Erick Thohir di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6).

Erick yang hadir menyaksikan parade budaya “Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara" di Bandara Soetta itu didampingi Direktur Marketing InJourney, Maya Watono dan President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Tak hanya menonton, Erick bahkan ikut berjoget Maumere bersama para penampil. Aksi itu disambut meriah oleh para calon penumpang yang menyaksikan Menteri BUMN membaur di tengah parade.

"Ini momentum bagus. Coba lihat, masyarakat Indonesia, wisatawan asing, para komunitas pekerja di airport bersuka cita di festival budaya hari ini. Selain mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata yang membaik karena arus penumpang di bandara terus naik, festival budaya ini juga sejalan dengan visi perkembangan ekonomi dan industri kreatif dengan membesarkan pop culture berciri khas Indonesia," lanjut Erick.

-
Erick Thohir Dorong Bandara Internasional Jadi Panggung Tetap Seniman Indonesia (Istimewa)

Dalam parade budaya yang menghadirkan Tari Maumere dari Papua, juga ditampilkan Tari Sigeh Pengunten (Lampung), Tari Kancet Papatai (Kalimantan Timur), Tari Topeng dan alat musik Angklung Mang Udjo (Jawa Barat), Tari Kipas Pakarena (Sulawesi Selatan) dan Tari Cakalele (Maluku).

Sejak awal tahun, tren kedatangan dan keberangkatan penumpang di berbagai bandara terus meningkat. Di Bandara Ngurah Rai, Bali, wisatawan nusantara yang datang naik 70% dan asal mancanegara bertambah 30%.

Sedangkan di Bandara Soetta, rata-rata jumlah pergerakan penumpang pada Juni 2022 mencapai 120.000 orang/hari atau meningkat dibandingkan Desember 2021 yang sekitar 80.000 orang/hari.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X