Bamsoet dan Wakil Ketua MPR Buka Suara Terkait Penundaan Pemilu 2024

- Senin, 6 Februari 2023 | 09:14 WIB
Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan, peluang terwujudnya penundaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 bergantung pada sikap partai politik (Paprol) di Parlemen.

“Sangat tergantung dari parpol yang ada di parlemen ini. Kalau saya kan hanya megang palu saja,” kata Bamsoet kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (5/2/2023).

Bamsoet menyebut, dirinya sebagai Ketua MPR hanya mengetuk palu Sidang Istimewa. Kendati demikian, Ia menuturkan mekanisme digelarnya Sidang Istimewa juga tidak mudah.

“Mekanisme sidang istimewa tidak mudah,” ungkapnya.

Bamsoet enggan menjawab ketika ditanya, jika para ketum parpol sepakat untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo apakah penundaan Pemilu bakal terwujud.

“Ya tanya ketum parpolnya dong,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani mengatakan sejauh ini partai-partai politik tidak ada yang membahas soal penundaan Pemilu 2024.

“Kalau kita bicara dalam konteks partai-partai politik, sedang ada atau akan ada pembicaraan tentang penundaan pemilu itu tidak sejauh ini,” kata Arsul kepada wartawan di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Minggu (5/1/2023).

Arsul mengungkapkan, para pengurus parpol masih terus bekerja menggenjot elektabilitas untuk Pemilu 2024 yang digelar sesuai jadwal.

“Partai-partai politik sejauh ini masih bekerja pada asumsi bahwa pemilu itu on schedule,” ungkap Arsul.

“Iya bahwa Pemilu itu on schudle akan berlangsung pada 14 Februari 2024,” imbuhnya.

Ketika dikonfirmasi soal pernyataan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono yang berbicara terkait penundaan Pemilu, Arsul mengaku belum mendengarnya secara langsung dari Mardiono.

“Saya kira sejauh yang saya pahami, saya juga belum mendengar secara langsung dari pak Mardiono tentang apa yang beliau sampaikan ke media,” tuturnya.

Kendati demikian, Arsul yang juga menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP menyebut ada kelompok tertentu yang memang menginginkan Pemilu 2024 ditunda.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X