Fakta Banjir di Dinar Indah Semarang, Surut dalam Semalam hingga Tewaskan Lansia

- Sabtu, 7 Januari 2023 | 15:24 WIB
Kondisi Perumahan Meteseh Semarang pascabanjir (Z Creators/Umaera)
Kondisi Perumahan Meteseh Semarang pascabanjir (Z Creators/Umaera)

Banjir bandang menerjang Semarang sejak 31 Desember 2022 lalu. Banjir sempat surut namun Jumat (6/1/2023) siang, banjir bandang kembali menerjang salah satu kelurahan di Semarang tepatnya di Perumahan Dinar Indah Meteseh, Kabupaten Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Banjir awal tahun ini merupakan yang terparah sejak akhir tahun lalu, sebab ketinggian air mencapai 2,5 meter hingga menyentuh atap rumah warga.

Z Creator Umaera yang datang ke lokasi berhasil menghimpun sejumlah informasi terkait banjir di Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Semarang.

1. Banjir Akibat Tanggul Jebol

-
Sebuah mobil usai terendam banjir (Z Creators/Umaera)

Banjir yang terjadi Jumat (6/1/2023) ini terjadi akibat jebolnya tanggul di Blok 7 Perumahan Dinar Indah, Semarang. Menurut salah satu warga yang bernama Sukitno, banjir datang sejak kemarin siang.

"Banjir ini diakibatkan oleh tanggul jebol Jumat (6/1/2023) sekitar maghrib. Tapi debit air tanggul sudah naik sejak siang.” Ungkap Sukitno.

Sementara menurut Ricky warga lainnya, banjir dahsyat ini sangat cepat surutnya.

"Air naik mulai siang sekitar pukul 14.00, banjir ini merupakan banjir kiriman dari Ungaran. Banjirnya cepat surut karena banjir sekali lewat.” Ungkap Ricky.

2. Banjir yang Terparah

-
Banjir menyisakan lumpur di perumahan (Z Creators/Umaera)

Ternyata banjir bukan kali ini saja menerjang Perumahan Dinas Indah. Sebelumnya perumahan ini pernah kebanjiran 2021 lalu, tapi tahun ini yang terparah.

"Sekitar 2 tahun lalu sempat terjadi juga banjir di Perumahan Dinar Indah Meteseh ini, namun tahun ini menjadi banjir yang terparah karena datang secara tiba-tiba dan ketinggian debit air mencapai atap rumah," ungkap Sukitno. 

3. Surut Kurang dari 24 jam 

Tidak seperti banjir di kawasan Semarang lainnya yang surut setelah 3 hari, di Perumahan Dinar Indah, Meteseh ini banjir surut kurang dari 24 jam.

Pantauan Z Creator Umaera pada Sabtu (7/1/2023) pukul 12.00, tak ada lagi genangan air melainkan menyisakan lumpur di lokasi terdampak banjir. 

4. Menelan Korban Jiwa

Akibat ketinggian banjir, satu orang warga meninggal dunia. Korban merupakan seorang lansia yang kondisinya lumpuh dan sulit mengevakuasi diri.

"Beliau meninggal dunia sebenarnya bukan karena penyakitnya, tapi karena beliau kaget. Beliau juga lumpuh kan. Selain itu sulit untuk mengevakuasi karena rumahnya terkunci dan sudah digenangi oleh air setinggi atap rumah.” Ungkap Sulis, warga Perumahan Dinas Indah, Meteseh, Semarang, Jawa Tengah.

Banjir di Perumahan Dinar Indah Semarang terjadi akibat meluapnya Sungai Babon-Pengkol yang enggak mampu menampung debit air hujan serta tanggul jebol. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X