3 Pesan Penting Wamendag untuk Kaum Milenial dan Gen z
Wamendag Jerry Sambuaga (baju biru muda) bersama para pelajar (Instagram/@jerry.sambauga)
News

3 Pesan Penting Wamendag untuk Kaum Milenial dan Gen z

Apa yang dilakukan harus berdampak kepada masyarakat.

Jumat, 29 November 2019 16:23 WIB 29 November 2019, 16:23 WIB

INDOZONE.ID - Meraih kesuksesan di usia yang masih terbilang muda tentu tidak semudah yang orang lain bayangkan. Proses yang panjang dalam meniti karir merupakan sebuah usaha yang akan mendapat "bayaran" yang sepadan. Hal ini juga yang dialami Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga yang sudah mendapat kepercayaan sebagai wamen pada usia 34 tahun.

Kepada Indozone, Jerry Sambuaga berbagi kiat sukses dan pesan untuk kaum Milenial dan Gen z. Menurutnya generasi muda yang tidak lain merupakan generasi penerus, sebuah konsekuensi logis dan fakta bahwa 10, 15 hingga 20 tahun mendatang mereka-merekalah yang akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan pendahulunya.

"Sehingga menurut hemat saya, mereka itu harus siap menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing. Apapun profesinya tidak harus politik. Apakah di bisnis, di usaha, di sosial, entertainer, influencer dan lainna," kata Jerry Sambuaga saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/11).

Namun ada tiga kunci kata wamendag yang harus dipegang generasi muda jika ingin sukses dan berkontribusi bagi bangsa khususnya masyarakat yaitu fokus, disiplin dan serius.

"Harus sepenuh hati kalau dalam konteks bahwa ingin berbuat perubahan dalam masyarakat dan saya yakin itu akan berdampak baik bagi bangsa kita," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa negara sebetulnya memfasilitasi masyarakatnya untuk berkarya di biang apapun tinggal bagaimana masyarakat menggerakkan. Sehingga ketika masyarakat bisa serius, cotoh punya usaha ojek online, mitranya banyak dan tidak hanya bicara soal provit keuntungan perusahaanmelainkan bicara dampak bagi masyarakat yang terbantu dengan keberadaan ojek online.

"Contoh lain youtuber, ketika dia mampu menghibur dan mengedukasi masyarakat dalam hal-hal positif saya pikir itu bagus dan bisa menginspirasi," kata Jerry.

Olehnya itu, fokus, disiplin, serius merupakan kunci. Karena kalau  tidak fokus, disiplin dan serius sama saja dengan tidak menghargai apa yang dikerjakan. Kemudian apa yang dikerjakan juga dampaknya tidak akan banyak baik itu secara pribadi maupun kepada masyarakat.

"Dengan zaman yang semakin kompetitif, menurut saya kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kecepatan, produktifitas dan kompetisi," jelasnya.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU