The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Catat! Ganjil-Genap Akan Diterapkan di Sejumlah Tol Saat Nataru
Ilustrasi penerapan ganjil-genap. (ANTARA FOTO)
News

Catat! Ganjil-Genap Akan Diterapkan di Sejumlah Tol Saat Nataru

Di mana saja?

Rabu, 01 Desember 2021 14:53 WIB 01 Desember 2021, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bakal melakukan strategi pengaturan lalu lintas berupa ganjil-genap di sejumlah ruas tol pada tanggal 20 Desember hingga 2 Januari 2022.

“Strategi pengaturan lalu lintas perseorangan akan dilakukan sistem ganjil-genap di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (1/12/2021).

Diharapkan, kata Budi, dengan penerapan ganjil-genap bisa menurunkan 30 persen pergerakan masyarakat saat Natal dan tahun baru.

Adapun Budi memaparkan ruas tol yang akan diterapkan ganjil-genap yaini ruas jalan tol Tangerang-Merak, ruas tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas tol Cikampek-Palimanan-Kanci, ruas tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi dari tanggal 20 sampai dengan tanggal 2 Januari.

“Untuk pengaturan kendaraan di jalan tol dilakukan skema ganjil-genap, buka tutup rest area, one way kalau mungkin contraflow, serta melaksanakan random sampling di rest area atau di tempat tant ditetapkan,” jelas Budi.

Budi memaparkan terhadap jalan nontol dilakukan ganjil-genap. Untuk kawasan wisata bakal diterapkan oneway, contraflow hingga beberapa pelaksanaan lainnya.

“Pada kawasan wisata akan diterapkan skema ganjil genap, pembatasan kapasitas, penggunaan PeduliLindungi serta penutupan sementara wisata yang tanpa pengelola. Jadi yang diizinkan untuk beroperasi hanyalah wisata yang berpengelola, sehingga kita bisa memanage jumlah dan prokes yang berlaku di sana,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US