The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menpora Sebut Pemerintah akan Bangun Pemusatan Latihan untuk Atlet Disabilitas
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun (keempat kanan) berfoto bersama para peraih medali, Selasa (7/9). (photo/ANTARA FOTO/Fauzan/ilustrasi).
News

Menpora Sebut Pemerintah akan Bangun Pemusatan Latihan untuk Atlet Disabilitas

Minggu, 19 September 2021 00:15 WIB 19 September 2021, 00:15 WIB

INDOZONE.ID - Menpora Zainudin Amali menyebutkan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan untuk membangun pemusatan latihan bagi atlet disabilitas National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

Pelatihan para atlet NPC Indonesia selama ini sebetulnya telah dilakukan secara terpusat di Solo, Jawa Tengah. Namun Presiden Jokowi meminta untuk membangun satu pemusatan latihan lagi sebagai upaya pemerintah yang tak ingin membeda-bedakan fasilitas antara atlet disabilitas dan non-disabilitas.

“Ada hal yang menjadi arahan presiden kepada kami. Kemarin atas permintaan NPC, pak presiden langsung memberi jawaban. Saya diperintahkan untuk membangun satu pemusatan latihan untuk atlet para-games kita,"

"Jadi atlet disabilitas akan mendapat perlakuan sama (seperti atlet non-disabilitas),” ungkap Zainudin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (18/9) dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Vandalisme Tugu Sepatu, Satpol PP DKI Telusuri dan Buru Pelaku

Kemenpora sebelumnya sudah menetapkan Cibubur, Jakarta sebagai lokasi pembangunan pemusatan latihan bagi atlet junior dan senior non-disabilitas. Di sana diharapkan dapat melahirkan potensi talenta atlet sejak muda di seluruh Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di berbagai kejuaraan internasional terutama Olimpiade.

Pembangunan pemusatan latihan untuk atlet disabilitas, menurut Zainudin, akan sama seperti yang akan dibangun di Cibubur. Namun untuk lokasinya saat ini masih didiskusikan.

Untuk pembangunannya, Zainudin mengatakan bahwa itu akan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR.

“Menteri PUPR sudah menyatakan sanggup dan akan dianggarkan tahun depan. Ini bukan anggaran Kemenpora karena pekerjaan fisik Kemenpora tidak akan mengerjakan dan akan kami serahkan kepada Kementeria PUPR,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US