The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kepada Anggota Polri! Polisi Harus Berpihak pada Masyarakat, Ini Perintah Kapolri Loh
Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
News

Kepada Anggota Polri! Polisi Harus Berpihak pada Masyarakat, Ini Perintah Kapolri Loh

Jaga kepercayaan publik

Kamis, 13 Januari 2022 14:24 WIB 13 Januari 2022, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diminta untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Perintah itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo agar institusi penegak hukum makin dicintai masyarakat.

"Di mana Polri harus hadir dan keberpihakan kepada masyarakat yang selama ini membutuhkan adanya nilai keadilan harus terus ditingkatkan," kata Sigit melansir Antara, Kamis (13/1/2022).

Permintaan tersebut disampaikan Sigit dalam kegiatan video conference (vicon) analisis dan evaluasi kepada seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dalam arahannya, jenderal bintang empat tersebut menekankan pada seluruh jajarannya untuk terus melakukan perbaikan pelayanan publik. Dia juga menegaskan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Korps Bhayangkara.

Menurut dia, seiring tuntutan zaman, Polri harus mau mengubah diri melalui transformasi Polri yang presisi untuk polisi yang diharapkan dan dicintai oleh masyarakat.

Baca juga: Jeanneta Sanfadelia Kekasih Ardhito Pramono Datang ke Polres Metro Jakbar

Polri hendaknya dapat mengukur tingkat kepercayaan dan kepuasan publik sehingga mampu bersikap sesuai dengan dinamika di tengah masyarakat.

Selain itu, polisi juga harus mampu menyelesaikan masalah di lapangan, menegakkan hukum dengan tegas dan humanis.

"Khususnya responsif terhadap apa yang menjadi kemauan masyarakat," ucap Sigit.

Jangan Antikritik

Menurut mantan Kepala Divisi Propam Polri itu, personel Polri harus turun secara langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

Terutama personel kepolisian di level pimpinan untuk tidak sungkan menemui masyarakat secara langsung dengan siapa pun, tanpa memandang status sosial ataupun jabatannya.

"Terkait dengan pembinaan dan perbaikan terus kami lakukan untuk meningkatkan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat," kata Sigit.

Sigit menambahkan bahwa personel Polri harus hadir melaksanakan tugas pokok secara profesional, tidak antikritik dan perbaiki koreksi-koreksi yang diberikan masyarakat dan betul-betul bisa diperbaiki.

"Kurangi hal-hal yang mengurangi kepercayaan Polri. Kami harus jaga lebih dari 400.000 anggota dan institusi. Ada harapan yang baik jika bertemu dengan polisi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US