Megawati Sindir Antisipasi DKI Jakarta Terkait Gempa: Waktu Saya Presiden Saya Sudah Pikir

- Jumat, 23 April 2021 | 20:27 WIB
Kolase foto Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antaranews)
Kolase foto Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antaranews)

Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri kembali meminta agar semua pihak memberi perhatian dan bergerak mengenai gempa besar yang berpotensi menimpa ibu kota DKI Jakarta.

Menurut Megawati, sejauh ini antisipasi terhadap potensi bencana alam itu masih menyedihkan.

Padahal, pemerintah daerah seharusnya bisa bergerak cepat dan berkoordinasi dengan Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Waktu saya presiden, saya sudah pikir bagaimana kalau terjadi gempa di Jakarta," kata Megawati dilansir ANTARA, Jumat (23/4/2021).

Megawati ingat kala dirinya meminta tolong kepada Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno untuk menyiapkan batalion pemadam kebakaran (Damkar) yang lengkap beserta peralatannya.

"Sekarang Pak Tito (Mendagri), silakan. Kenapa, karena pengalaman, itu harus ada mobilnya. Saya tak terbayang ketika Gedung BI terbakar, kayak apa orang diturunkan (dari gedung). Ini soal bagaimana menangani bencana," kata Megawati.

Megawati mencontohkan di sepanjang Thamrin-Sudirman. Di kawasan ini, terdapat banyak gedung tinggi. Hal itu akan menyulitkan evakuasi jika terjadi bencana.

Megawati juga meminta para pengusaha agar tidak cuma menunggu. Tetapi juga terlibat dalam program siaga bencana.

"Saya katakan, Jakarta ini sangat fragile. Kenapa, karena di Selat Sunda ada Gunung Krakatau dan anaknya Rakata. Ring of fire itu atas bawah, menurut cerita orang yang tahu, anaknya Rakata ini, kekuatannya lebih kuat dari ibunya (Krakatau)," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X