Peristiwa 6 Juni: Game Tetris Dirilis hingga Hari Kelahiran Soekarno dan Raisa

- Minggu, 6 Juni 2021 | 12:20 WIB
(Kiri ke kanan): Tetris, Soekarno, Raisa. (Wikipedia/Instagram/raisa6690)
(Kiri ke kanan): Tetris, Soekarno, Raisa. (Wikipedia/Instagram/raisa6690)

Tanggal 6 Juni menyimpan peristiwa penting dan menarik untuk disimak. Dari diluncurkannya permainan video yang populer, Tetris, sampai kelahiran Presiden pertama RI, Soekarno.

Selain itu, ada beberapa peristiwa menarik lainnya yang menarik. Dilansir Indozone dari berbagai sumber, ini peristiwa menarik 6 Juni.

1. Regu Bulutangkis Putri Indonesia Raih Uber Cup Pertama Kali (1975)

-
Ilustrasi bulutangkis. (Pexels/Vladislav Vasnetsov)

Pada 1975, di tanggal ini regu bulutangkis putri Indonesia memenangkan Piala Uber untuk yang pertama kalinya. Mereka adalah Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Soemirah, Minarni Soedaryanto dan Regina Masli. Mereka memenangkan Piala Uber setelah mengalahkan Jepang dengan skor 5-2.

2. Permainan Tetris Diluncurkan (1984)

-
Ilustrasi permainan Tetris. (Tetris)

Salah satu permainan video terlaris sepanjang masa, Tetris, dirilis pada 6 Juni 1984. Permainan ini diprogram oleh Alexey Pajitnov saat ia bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Nama Tetris berasal dari awalan numerik Yunani tetra yang bermakna bangunan dengan empat bagian.

3. Hari Kelahiran Soekarno (1901)

-
Ir. Soekarno. (Wikipedia)

Presiden pertama RI, Ir. Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 atau 120 tahun yang lalu. Ia lahir dari seorang ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai dengan ayah bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo. Saat kecil ia tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromod di Tulung Agung, Jawa Timur. Soekarno meninggal dunia di Jakarta pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

BACA JUGA: Pemerintah Siapkan Travel Bubble untuk Memudahkan Perjalanan Secara Bebas

4. Hari Kelahiran Raisa (1990)

-
Raisa. (Instagram/raisa6690)

Memiliki tanggal kelahiran yang sama dengan Bung Karno, Raisa lahir di Jakarta pada tahun 1990. Di usianya kini yang telah menginjak 31 tahun, Raisa bisa dibilang sebagai salah satu penyanyi solo wanita paling sukses di Indonesia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X