Motor Tak Boleh Masuk Jalan Layang Casablanca, Tapi Kok Ada Jalur Sepeda?

- Senin, 24 Mei 2021 | 09:48 WIB
Jalan layang non tol di Jakarta. (INDOZONE).
Jalan layang non tol di Jakarta. (INDOZONE).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan tengah melakukan uji coba penggunaan jalan layang non-tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang untuk jalur sepeda road bike.

Padahal sebelumnya, jalur tersebut bahkan tidak bisa dilintasi bagi kendaraan roda duka atau motor karena berisiko tinggi. Pasalnya akan mengganggu keselamatan lantaran menghembuskan angin kencang.

Terkait hal itu, Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo beralasan kalau uji coba lintasan sepeda road bike tersebut dilakukan pada pagi hari, yakni dimana angin belum berhembus terlalu kencang.

"Karena kita ketahui pada pagi hari hembusan angin tidak begitu kencang, dan relatif lebih bisa dikendalikan," ucap Syafrin saat dikonfirmasi Minggu, (23/5/2021).

Baca Juga: Sebanyak 424.078 Orang di Sulsel Telah Divaksin Dosis Pertama

"Begitu di atas jam 9, di atas jam 10 biasanya angin bertiup kencang, dan oleh sebab itu pilihannya kenapa kami siapkan pagi," tambahnya.

Lebih lanjut, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menyebutkan bahwa uji coba ini pun akan dimanfaatkan dengan menyiapkan rekayasa lalin dan mengkaji jalur alternatif.

"Dengan adanya jalur alternatif ini merupakan jalur arteri, maka dari sisi pelaksanaan jalur lintasan di jalan layang non tol itu menjadi cukup untuk dilaksanakan," tandas Syafrin.

Sekadar diketahui, apabila uji coba jalur sepeda di jalan layang non tol ini menghasilkan evaluasi yang baik, maka Pemprov DKI akan membuka lintasan tersebut untuk pesepeda setiap Sabtu dan Minggu pukul 05.00 hingga 09.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X