Presiden Meksiko Minta Orang Terkaya di Dunia Sumbangkan 4% Harta untuk Kurangi Kemiskinan

- Rabu, 10 November 2021 | 16:29 WIB
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (REUTERS/Carlo Allegri)
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (REUTERS/Carlo Allegri)

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador meminta 1.000 orang terkaya di dunia dan 1.000 perusahaan swasta secara sukarela menyumbangkan 4% dari kekayaan mereka setiap tahun untuk mengurangi kemiskinan global.

Dilansir The Washington Post, dalam pidatonya pada hari Selasa (9/11/2021) di hadapan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, orang nomor satu di Meksiko itu mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk mendukung 750 juta orang yang hidup dengan kurang dari $2 per hari atau setara Rp28 ribu.

Dia juga meminta kepada negara G20, termasuk Meksiko untuk menyumbang 0,2 persen dari produk domestik bruto mereka dan menyarankan agar dana dibayarkan langsung dalam bentuk pensiunan, pengobatan gratis dan beasiswa.

Baca juga: Presiden Meksiko: Saya Akan Pakai Masker Jika Negara Ini Bebas dari Korupsi

Apa yang dikatakan Lopez merupakan upaya terbaru untuk membuat  perusahaan dan orang terkaya di dunia, yang kekayaannya meningkat secara eksponensial selama pandemi virus corona untuk membayar lebih banyak ke kas publik. 

Menurut Daftar Miliarder Dunia Forbes 2021, orang terkaya ke-1.000 di dunia memiliki kekayaan bersih sekitar  $3 miliar.

Pidato hari Selasa di New York menandai kedua kalinya Lopez Obrador, fokus secara eksklusif pada urusan dalam negeri, melakukan perjalanan ke luar negeri sejak menjabat pada 2018.

Lopez Obrador secara teratur menggunakan bahasa populis untuk menyerang orang kaya Meksiko.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X