The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkes Paparkan Ciri Seseorang Terpapar Varian Omicron
Ilustrasi virus COVID-19 varian Omicron (Pixabay/Teka77)
News

Menkes Paparkan Ciri Seseorang Terpapar Varian Omicron

Seperti apa ciri-cirinya?

Jumat, 28 Januari 2022 14:10 WIB 28 Januari 2022, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengetahui ciri-ciri dari Covid-19 varian Omicron. Hal ini katakannya merespon situasi Indonesia yang kembali dihadapkan pada lonjakan kasus harian.

Menurut Budi varian Omicron memicu gejala ringan seperti flu biasa, batuk, dan demam. Kemudian varian tersebut bisa dibilang  tingkat penularan yang cepat.

“Nanti kita akan melihat dalam waktu yang singkat kenaikan jumlah kasus yang cukup tinggi,” ujar Budi dalam keterangannya sebagaimana dikutip Jumat (28/1/2022).

Budi melanjutkan bilamana ciri-ciri selanjutnya dari varian omicron, adalah tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah, begitupun tingkat keparahannya juga lebih rendah.

"Sehingga pasien yang masuk ke rumah sakit lebih sedikit daripada pasien yang melaksanakan isolasi mandiri (Isoman)," urai dia.

Kemudian dia juga membeberkan strategi pemerintah dalam menghadapi gelombang Omicron ini, di mana sedikit berbeda dengan menghadapi gelombang Delta. Karena Budi menyebutkan bila gelombang Delta memiliki tingkat keparahan tinggi sehingga pemerintah harus mempersiapkan rumah sakit dengan banyak tempat tidur.

Sedangkan untuk varian Omicron, sebut Budi, yang tinggi adalah penularannya tapi keparahannya atau efek dari tertularnya terbilang rendah.

“Sebagian besar kasus Omicron adalah OTG atau asimtomatik atau gejala sakitnya ringan. Jadi hanya gejala pilek, batuk, atau demam yang sebenarnya bisa sembuh tanpa perlu dibawa ke rumah sakit,” jelas Budi.

Selain itu Budi mengatakan, pemerintah menyiapkan tempat tidur perawatan di rumah sakit sebanyak 70.641. Kapasitas tempat tidur secara nasional berjumlah 120 ribu hingga 130 ribu.

"Pemerintah menyiapkan tempat tidur perawatan di rumah sakit sebanyak 70.641. Kapasitas tempat tidur secara nasional berjumlah 120 ribu hingga 130 ribu," tandas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US