Diundang Jokowi Hadiri KTT G20, Begini Balasan Presiden Ukraina

- Rabu, 27 April 2022 | 21:18 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via REUTERS)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via REUTERS)

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk dapat menghadiri pertemuan KTT G20 yang akan berlangsung pada 15 November 2022 mendatang.

Mendapatkan undangan langsung dari Presiden Jokowi untuk menghadiri KTT G20, Zelenskiy pun memberikan responsnya. Melalui cuitannya di akun Twitter resminya, Zelenskiy pun mengucapkan rasa terimakasihnya.

"Saya baru saja berbincang dengan Presiden Jokowi. (Saya) berterimakasih atas sokongan untuk kedaulatan dan intergritas teritorial Ukraina, khususnya untuk posisi jelas PBB,"  cuit Zelenskiy dalam akun Twitter-nya, Rabu (27/4/2022).

"Keamanan pangan juga telah dibincangkan. Saya benar-benar sangat menghargai undangan yang diberikan KTT G20," sambung cuitan Zelenskiy.

Baca Juga: SUV Listrik Toyota bZ4x Bakal Hadir Perdana di Bali untuk Delegasi KTT G20

Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri berstatus sebagai presidensial G20 2022 atau tepatnya tuan rumah pertemuan antar ke-20 anggota G20. KTT G20 2022 sendiri akan berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali.

Tepi persiapan Indonesia menggelar KTT G20 memang sempat mendapatkan cobaan, setelah sejumlah pemimpin negara barat menolak untuk hadir. Mereka memboikot KTT G20 2022 setelah kemungkinan hadirnya Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan tersebut.

Bahkan belum lama ini, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yallen mengatakan bahwa Rusia harus dikeluarkan dari forum ekonomi utama kelompok 20 (G20), lantaran invasi militernya ke Rusia pada akhir Februari kemarin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X