Zelenskiy Usulkan Kesepatan pada Sekutu soal Ganti Rugi Invasi Rusia

- Minggu, 22 Mei 2022 | 03:13 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (REUTERS/Umit Bektas)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (REUTERS/Umit Bektas)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengusulkan kesepakatan resmi dengan negara sekutu untuk memastikan Rusia membayar kompensasi atas kerusakan yang disebabkan pasukannya selama operasi militer.

Zelenskiy, yang menyatakan Rusia berusaha menghancurkan sebanyak mungkin infrastruktur Ukraina, mengatakan kesepakatan seperti itu akan menunjukkan kepada negara-negara yang merencanakan tindakan agresif bahwa mereka harus menanggung konsekuensi atas tindakan mereka.

"Kami mengundang negara-negara mitra untuk menandatangani perjanjian multilateral dan membuat mekanisme yang memastikan bahwa setiap orang yang menderita akibat tindakan Rusia dapat menerima kompensasi untuk semua kerugian yang dialami," jelas Zelenskiy, seperti disadur dari Reuters, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Ukraina Akhirnya Nyerah pada Rusia, Pertempuran Berdarah di Mariupol Resmi Berakhir!

Zelenskiy mengatakan bahwa di bawah kesepakatan seperti itu dana dan properti Rusia di negara-negara penandatangan akan disita. Dana dan properti tersebut kemudian akan diarahkan ke dana kompensasi khusus.

"Itu akan adil. Dan Rusia akan merasakan bobot setiap rudal, setiap bom, setiap peluru yang ditembakkan ke kita," katanya.

Kanada bulan lalu mengatakan akan mengubah undang-undang sanksinya untuk memungkinkan aset asing yang disita dan diberi sanksi untuk didistribusikan kembali sebagai kompensasi kepada para korban atau untuk membantu membangun kembali negara asing dari perang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X