Pemprov DKI Temukan 1 Kasus Mutasi Virus Corona Asal India di Jakarta

- Kamis, 20 Mei 2021 | 10:22 WIB
Warga yang telah balik dari mudik menjalani swab test antigen di Sunter, Jakarta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.).
Warga yang telah balik dari mudik menjalani swab test antigen di Sunter, Jakarta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mendeteksi adanya mutasi virus Corona asal India, yakni B1617 di Ibu Kota.

Menurut Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ngabila Salama, hingga saat ini sudah satu orang dinyatakan positif terpapar varian virus Corona akibat transmisi lokal.

"Baru ada 1 kasus, kita sudah lakukan investigasi kok di sana," ucap Ngabila saat dikonfirmasi, Kamis (20/5/2021).

Namun, Ngabila enggan menyebutkan secara rinci terkait di mana wilayah yang terpapar. Namun, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah menindaklanjuti temuan tersebut.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa temuan mutasi varian Corona asal India itu tengah diperiksa, dan wilayah yang terpapar menjadi prioritas vaksinasi guna mencegah adanya penularan lebih tinggi.

"Yang jelas kita sudah tindak lanjuti secara masif, sampel-sampel sudah kita kumpulkan sudah kami periksa lagi dan juga dilakukan vaksin juga," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan varian baru Covid-19 dari India dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia. Ia mengatakan, ada dua kasus varian Covid-19 B1617 dari India yang ditemukan di Jakarta.

Baca Juga: Tekan Laju Kasus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Tutup Semua Museum dan Destinasi Budaya

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada 2 incident yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu incident untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," tutur Budi Gunadi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/5/2021).

"Jadi selain mutasi yang di Inggris yang sekarang ada 13 insiden sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," sambung dia.
 

 Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X