The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dianggap Berpengalaman, Penanganan COVID-19 Diminta Libatkan Eks Menkes Siti Fadilah
Siti Fadilah Supari. (Instagram/siti_fadilah_supari) / Wakil Ketua DPD RI, Najamudin. (Instagram/sbnajamudin)
News

Dianggap Berpengalaman, Penanganan COVID-19 Diminta Libatkan Eks Menkes Siti Fadilah

Kamis, 22 Juli 2021 17:09 WIB 22 Juli 2021, 17:09 WIB

INDOZONE.ID - Eks Menteri Kesehatan (Menkes) dr Siti Fadilah dinilai perlu dilibatkan dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang tak kunjung mereda. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin.

Sultan sendiri mengapresiasi usaha pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. Namun, tetap saja, kata dia, pemerintah harus melibatkan orang yang berkompeten.

"Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini berakhir. Maka kita butuh kesiapan dalam menghadapi bagaimana pun situasinya ke depan, baik dalam penanganan maupun pencegahan terhadap setiap kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Dan harus melibatkan orang-orang khusus yang memiliki rekam jejak dalam menghadapi pandemi," kata Sultan, Rabu (21/7/2021).

Dia kemudian meyarankan dr Siti Fadilah untuk terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19. Sultan bahkan meminta Presiden Jokowi memanggil Siti Fadilah ke Istana untuk membahas masalah pandemi.

"Kita semua tahu presiden dan seluruh jajaran sudah berusaha maksimal melakukan yang terbaik untuk rakyat dalam menghadapi pandemi ini. Tapi situasi sekarang memang darurat dan ibarat sebuah perang, menurut saya, presiden perlu banyak masukan, nasihat, dan pertimbangan sebagai penguatan keyakinan dalam mengambil setiap keputusan," kata Sultan.

Siti Fadilah pernah menghadapi wabah flu burung saat menjabat sebagai Menkes di era SBY. Kala itu, Siti sempat berseteru dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena dinilai terlalu membesar-besarkan kasus flu burung.

Saat itu, kasus flu burung di Indonesia sejak 2005 sampai 31 Desember 2010 disebut ada sekitar 171 orang yang terinfeksi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US