Begini Skema Korlantas Polri Antisipasi Macet Mudik Lebaran 2022

- Sabtu, 9 April 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi kendaraan mudik di jalan tol. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)
Ilustrasi kendaraan mudik di jalan tol. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri saat ini sudah menyiapkan skenario antisipasi kemacetan saat mudik lebaran tahun ini. Skenario antisipasi ini bakal dilakukan baik di jalur tol maupun jalur arteri.

"Baik di ruas jalan tol maupun arteri dan pelabuhan merak," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi saat dihubungi, Sabtu (9/4/2022).

Eddy menyebut pihaknya bakal melakulan pengamanan di ruas jalan manapun termasuk kawasan tempat-tempat wisata. Pengamanan lalu lintas disebutnya bakal dilakukan dalam situasi apapun.

"Pengamanan jalur kita laksanakan di ruas jalur tol, arteri atau nasional dan kawasan wisata. Pengamanan kita siapkan pada situasi normal, padat, macet dan emergency," ungkap Eddy.

Baca Juga: Kemenhub Minta Masyarakat Segera Vaksin Booster agar Mudik Tenang dan Nyaman

Lebih jauh Eddy menyebut skema atau skenario pengamanan antisipasi kemacetan saat mudik mulai dari pengalihan arus jalan tol, buka tutup, contra flow hingga one way bakal diterapkan.

"Pengaturan daerah rawan macet dengan menurunkan tim urai serta menyiapkan kontingen bila ada hal bersifat emergency," kata Eddy.

Sementara itu, pada ruas jalan arteri maupun kawasan wisata, polisi bakal menerapkan sistem ganjil genap. Tak sampai disitu, jika diperlukan polisi balal menerapkan pengalihan arus lalu lintas.

"Untuk cara bertindak di ruas jalan arteri atau kawasan wisata dan tempat berkumpulnya masyarakat rekayasa lantas (ganjil genap, buka tutup, alih arus, pengaturan parkir dan one way sepenggal), pengaturan, patroli, pengaturan daerah rawan macet oleh tim urai," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X